Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI. Sumber: BSTV

Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI. Sumber: BSTV

Kehadiran Bursa Kripto Juga Bisa Bantu Kenaikan Laju Ekspor, Lho!

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:02 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan, kehadiran Bursa Kripto yang akan hadir sebentar lagi dan menjadikan Indonesia sebagai negara di dunia yang pertama kali meluncurkan Bursa Kripto membawa banyak manfaat. Salah satunya bisa menggenjot laju ekspor Tanah Air.

Jerry menuturkan bahwa aset kripto yang mulai banyak dikembangkan di dalam negeri bisa mendapatkan dukungan untuk dipasarkan di Bursa Kripto. Apalagi, saat ini sudah banyak koin atau token yang diciptakan oleh orang Indonesia alias made in Indonesia di mana teknologi blockchain-nya didalamnya tidak kalah canggih dengan token luar.

Baca juga: Bursa Kripto Pasti Hadir, Tapi Sabar Dulu Yah Guys Biar Konsumen Terlindungi 

“Dengan adanya Bursa Kripto saya yakin seyakin-yakinnya, saya percaya untuk anak muda create token akan lebih masif lagi dan nantinya kita bangga dong orang luar beli token kita,” ucapnya dalam acara Zooming with Primus “Menyongsong Bursa Kripto Indonesia” yang disiarkan secara langsung di BeritaSatu TV, Kamis (27/1).

Hal tersebut pun, menurutnya telah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar produk ekonomi kreatif termasuk digital punya nilai tambah tinggi dan bisa menjadi andalan ekspor untuk memperbaiki neraca dagang.

“Kita bisa memanfaatkan teknologi berbasis blockchain dan di-apply dalam hal perdagangan dan sisi ekonomi. Ini juga potensial selain untuk ekspor tetapi juga dari sisi ekonomi kita. Ini sesuai dengan arahan Pak Presiden dalam mengembangkan literasi digital,” kata Jerry.
Jerry melanjutkan, sejatinya di masa kini ekspor komoditas bukan cuma yang berbentuk fisik saja. Misalnya, ekspor komoditas macam kelapa sawit, batu bara, atau nikel. Tapi kini, produk digital pun potensial untuk diekspor. Aset kripto jadi salah satu contohnya.

Baca juga: Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan NFT

Lebih lanjut, Jerry juga menyoroti kehadiran Non-Fungible Token atau NFT yang terus naik daun dalam beberapa waktu terakhir, dinilainya menjadi cara yang aman bagi para pelaku ekonomi kreatif seperti musisi hingga seniman untuk dapat bertumbuh dan berkarya di ruang digital.

Hal itu dikarenakan NFT sebagai aset punya jejak digital yang unik dan tidak bisa diduplikasi sehingga para pelaku ekonomi di industri kreatif dapat terhindar dari potensi pembajakan. Selain itu, aset NFT yang menjadi bagian dari aset kripto dapat berdampak positif bagi perekonomian negara.

 

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN