Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. (ist)

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. (ist)

Kerja Sama Bank Banten dan Amazon Segera Meluncur

Kamis, 9 September 2021 | 14:09 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Kerja sama PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) dengan Amazon Web Services (AWS) untuk layanan digital bank segera meluncur. Kerja sama ini dipicu pandemi Covid-19 yang mendorong industri perbankan mempercepat peluncuran layanan digital agar bisa bersaing.

Pasalnya, pembatasan sosial menyebabkan aktivitas perbankan harus dilakukan melalui dunia digital, tak lagi datang ke kantor cabang. Hal tersebut dikatakan Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin di Jakarta, Kamis (9/9/2021)

Agus menjelaskan, sebagai bank pembangunan daerah yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Bank Banten harus bisa bersaing di pasar. Itu sebabnya, perseroan masuk ke layanan perbankan digital.

Menurut dia, layanan digital Bank Banten ke depan berpotensi besar. Selain captive market utama Bank Banten adalah kalangan aparatur sipil negara (ASN), provinsi Banten dikelilingi sejumlah industri strategis, seperti baja, petrokimia hingga pemain properti besar, ditambah fasilitas pendukung lainnya, seperti bandara internasional dan pelabuhan.

Perseroan, kata dia, optimistis mampu menjalankan strategic turnaround guna mendorong perbaikan kinerja bisnis perbankan pada 2021. Perseroan mengusung empat strategi besar dan delapan quick wins dalam mengembangkan bisnis.

“Hasilnya, awal kuartal III-2021, perseroan mampu memperbaiki pendapatan bunga hingga fee based income,” kata Agus, Kamis (9/9/2021).

Rabu (8/9/2021), dia menuturkan, Bank Banten menggelar workshop tentang AWS kepada pemangku kepentingan di Provinsi Banten. Dalam acara itu, Agus menjelaskan, yang menjadi target perseroan adalah akselerasi transformasi digital Banten dengan cloud, artificial intelligence/machine learning, big data dan internet of things (IoT), dan smart city.

Dia menuturkan, manajemen baru Bank Banten merupakan hasil RUPS Maret 2021. Itu artinya, manajemen baru Bank Banten memulai eksekusi rencana bisnis awal Juni 2021. Dengan dengan demikian, hingga Agustus, perseroan sudah melakukan upaya-upaya untuk melakukan strategi membalikkan keadaan.

“Salah satu strategi kami adalah menjadikan bank Banten segera biru. Karena empat tahun yang lalu Bank Banten masih merah. Mudah-mudahan pada 2021, manajemen siap melakukan strategi tersebut dan bukan kata-kata, namun sudah kenyataan,” ujar Agus.

Dari sisi pendapatan, dia melanjutkan, pendapatan bunga pada Agustus 2021 meningkat sekitar 168%, dibandingkan kuartal II-2021. Itu artinya, strategi Bank Banten untuk mencapai target bisa tercapai Desember 2021.

Perseroan, kata dia, juga mendorong kinerja pendapatan dan laba bersih, dengan delapan quick wins dan empat grand strategy. Adapun kerja sama dengan Amazon akan mendukung ekosistem layanan perbankan digital melalui komputasi awan.

Dalam pandangan dia, Bank Banten merupakan lambang daerah Banten. Itu sebabnya, harus ada sinergi antara Pemprov Banten dan pemerintah kabupaten/kota.

“Pesan para tokoh Banten kepada kami adalah Bank Banten harus menjadi lokomotif kemajuan ekonomi Banten dan juga berperan serta dalam pemulihan ekonomi nasional. Atas dasar itu, spirit pengabdian harus dikedepankan, sehingga Bank Banten berperan sebagai agent of development untuk membantu ekonomi Banten bisa terus maju,” tegas Agus.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN