Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Budiasto Kusuma, Direktur Utama Digital Mediatama Maxima

Budiasto Kusuma, Direktur Utama Digital Mediatama Maxima

Kolaborasi dengan Taspen dan BRI, Digital Mediatama Kembangkan Aplikasi Kios Warga

Rabu, 28 Juli 2021 | 23:30 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) membentuk segmen bisnis yang dinamai Kios Warga untuk membantu para pensiunan menjalankan usaha. Bisnis ini dikembangkan dengan kolaborasi bersama PT Taspen dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Direktur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma mengatakan, pembentukan Kios Warga ini bertujuan untuk menyediakan satu aplikasi kepada masyarakat yang memiliki warung agar bisa menerima insentif dari mitra-mitra consumer good. Kedua, mereka bisa berjualan melalui marketplace yang ada di aplikasi tersebut untuk berdagang lagi ke konsumennya.

Bisnis Kios Warga ini dimulai dari produk digital, kemudian ekspansi ke produk fisik bersama SiCepat. Dalam bisnis ini, perseroan membantu menyediakan layar promosi untuk mendapatkan pendapatan dari bisnis dasar dan ritel.

“Di segmen bisnis ini, kami sudah memiliki dua anchor partner. Pertama, dengan Sampoerna Retail Community (SRC). Kedua, salah satunya dengan Kios Warga yang merupakan inisiatif Taspen dan BRI. Taspen dan BRI bertindak sebagai juru bayar dari para pensiunan di Indonesia,” kata Budiasto, baru-baru ini.

Sementara itu, Direktur Digital Mediatama Maxima Supardi Tan menambahkan, perseroan menilai adanya potensi besar pasar komunitas Kios Warga, karena total pensiunan di Indonesia mencapai 2,2 juta dan ASN aktif sebesar 4,3 juta, sehingga ada potensial pasar mencapai 6,5 juta.

Perseroan, Taspen, dan BRI mengharapkan dalam tiga tahun mendatang dibuka 100 ribu toko. Menurut Supardi, di era pandemi ini pembukaan Kios Warga memang sedikit, tetapi secara jadwal tiap bulannya tetap ada yang dibuka. “Mudah-mudahan dengan dibukanya PPKM, pembukaan toko bisa lebih banyak ke depan. Bahkan, kami menargetkan target tersebut bisa dicapai pada 2024,” ujar dia.

Sebelumnya, PT Bumilangit Digital Mediatama, perusahaan joint venture Digital Mediatama Maxima dan PT Bumilangit Entertainment Corpora, telah menjalin kerja sama dengan LINE dalam penyediaan stiker animasi, LINE Stickers BLDX “Jagoan Bumilangit”. Selain itu, fitur top-up dan tagihan merupakan layanan terbaru dari LINE yang bekerjasama dengan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX).

Menurut Budiasto, pihaknya sangat senang bekerja sama dengan LINE untuk memperkenalkan koleksi stiker berdasarkan karakter populer di Jagat Bumilangit. Melalui kerja sama ini, perseroan berharap dapat menjadikan karakter Bumilangit ke lebih banyak khalayak, terutama pengguna LINE yang lebih muda.

Secara bertahap, menurut dia, perseroan akan memperkenalkan ekosistem produk dan layanan yang akan memperluas fungsionalitas LINE di luar platform komunikasi. Perseroan juga berharap terus memperdalam kemitraan dengan LINE dan berpotensi mengintegrasikan lebih banyak penawaran teknologi untuk memberikan kepuasan bagi pengguna LINE.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN