Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison (Foto:Dok.PR)

Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison (Foto:Dok.PR)

KPPU Lakukan Penilaian Menyeluruh atas Merger Indosat (ISAT) dan Hutchinson

Senin, 25 April 2022 | 12:26 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menetapkan bahwa notifikasi transaksi penggabungan badan usaha atau merger PT Hutchinson 3 Indonesia ke PT Indosat Tbk (ISAT) akan dilakukan melalui proses penilaian menyeluruh. Hal ini ditetapkan KPPU dalam rapat komisi yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2022.

Penilaian menyeluruh tersebut akan dilaksanakan paling lama 90 hari ke depan, hingga sekitar tanggal 7 September 2022. Jangka waktu penilaian menyeluruh ini dapat berubah jika pemerintah mengeluarkan peraturan dan/atau kebijakan cuti bersama atau libur nasional baru.

Baca juga: Ada Apa dengan Saham Indosat (ISAT)?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur menjelaskan, Indosat melakukan notifikasi ke KPPU atas penggabungan badan usaha PT Hutchinson 3 Indonesia (Hutchinson) ke dalam Indosat pada tanggal 26 Januari 2022.

“Memperhatikan bahwa status badan hukum Hutchinson berakhir secara hukum pada tanggal 4 Januari 2022, notifikasi tersebut masih berada dalam jangka waktu notifikasi ke KPPU yang diperkenankan, di bawah 60 hari setelah tanggal efektif secara yuridis,” ungkap Deswin Nur dalam keterangan resmi dikutip Senin (25/4/2022).

Pascanotifikasi, lanjut dia, KPPU melakukan klarifikasi atas kelengkapan dokumen dan melakukan penelitian atas transaksi penggabungan tersebut. Hasil penelitian KPPU atas perhitungan konsentrasi pasar melalui Herfindahl–Hirschman Index (HHI) menyimpulkan bahwa nilai HHI transaksi tersebut berada di atas 2.500 dan dengan perubahan HHI sebelum dan sesudah transaksi di atas 150. Artinya melalui analisis konsentrasi tersebut, penilaian atas transaksi dilaksanakan melalui suatu penilaian menyeluruh.

Baca juga: Baru Listing, Ternyata Seperti Ini Kinerja Keuangan Indo Boga (IBOS)

“Penilaian akan difokuskan pada beberapa analisis seperti hambatan masuk pasar termasuk kebijakan pemerintah di pasar layanan telekomunikasi seluler, potensi perilaku anti persaingan, efisiensi, dan/atau kepailitan,” sebut Deswin.

Setelah penilaian, KPPU akan mengeluarkan penetapan, bisa berupa ada atau tidaknya dugaan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat; atau persetujuan bersyarat atas transaksi tersebut.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN