Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA).

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA).

Langkah Japfa Bertahan di Tengah Pandemi

Kamis, 18 Juni 2020 | 22:00 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) berkomitmen mempertahankan kinerja dengan meningkatkan pangsa pasar yang dimiliki perseroan saat ini, salah satunya dengan memperluas jaringan operasionalnya ke berbagai daerah untuk memperdekat hubungan dengan para mitranya.

Wakil Direktur Japfa Comfeed Indonesia, Bambang Budi Hendarto mengatakan, beberapa langkah strategis yang telah perseroan rumuskan dalam menghadapi perubahan yang dinamis diantaranya dengan melakukan efisiensi kinerja baik dalam proses produksi dengan tetap menjaga kualitas produk, juga dalam operasional internal maupun dari segi pengembangan SDM.

“Untuk memenuhi kebutuhan pasar baik dalam dan luar negeri, perseroan akan terus meningkatkan produktivitasnya dengan mengembangkan SDM agar semakin maju dan berkembang seiring bertumbuhnya perusahaan,” jelas Bambang dalam siaran persnya, Kamis (18/6).

Untuk mendukung rencana tersebut, Bambang melanjutkan perseroan terus memberikan edukasi terkait peningkatan kualitas produksi dan memupuk kemampuan daya saing yang kuat bagi peternak dan petambak mitra. Selain itu  perseroan tetap melakukan lindung nilai (hedging) terhadap seluruh kewajiban obligasi US Dollar yang diterbitkan untuk pokok ataupun bunga.

“‘Hal yang sama juag berlaku pada Operational hedging  sebagai upaya menurunkan risiko terhadap kewajiban pembayaran dalam mata uang asing terutama untuk pembelian bahan baku pakan ternak kepada para supplier dengan jangka waktu 2-3 bulan ke depan,” paparnya.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Japfa Comfeed Indonesia menetapkan pembagian dividen tunai tahun buku 2019 sebesar Rp 234 miliar  atau setara Rp 20 per saham.

Menilik laporan keuangan perseroan pada 2019 lalu, emiten berkode saham JPFA ini berhasil menunjukan kinerja positif dengan meraih laba berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 343 miliar atau naik 10,65% dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp 310 miliar.

Kenaikan ini ditopang oleh penjualan dan pendapatan usaha yang naik 6,07% menjadi Rp 9,08 triliun, dari sebelumnya Rp 8,56 triliun.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan, manajemen Japfa mengungkapkan, pertumbuhan pendapatan dikontribusi oleh meningkatnya penjualan neto dari peternakan dan hasil olah peternakan yang dimiliki perseroan sebanyak 17,92% menjadi Rp 3,75 triliun dari periode 2019 senilai Rp 3,18 triliun.

“Segmen peternakan sapi berkontribusi sejumlah Rp 315 miliar atau naik 3,96% dari tahun lalu menyumbang Rp 303 miliar,” ungkap manajemen dalam publikasinya.                      

Selain itu, pertumbuhan yang signifikan terlihat pada segmen perdagangan lain yang mencapai 109,89% yakni Rp 382 miliar dari kuartal I-2019 yang mencetak Rp 182 miliar.

Kemudian dengan pertumbuhan pendapatan tersebut berimbas pada naiknya  beban pokok penjualan perseroan sejumlah Rp 7,48 triliun, terangkat sebanyak 4,76% apabila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya yakni Rp 7,14 triliun.

Adapun dengan meningkatnya beban tersebut memicu laba bruto perseroan naik menjadi Rp 1,59 triliun.

Lebih lanjut pada pos beban peningkatan juga terjadi pada beban penjualan dan pemasaran sebanyak 23,25% menjadi Rp 281 miliar dari tahun sebelumnya yaitu Rp 228 miliar.

Ini diikuti oleh beban umum dan administrasi sejumlah Rp 734 atau setara dengan 8,74% dari kuartal I-2019 sebesar Rp 675 miliar.                  

“Kendati demikian perseroan dapat mencetak pertumbuhan laba usaha sebanyak 19,13% menjadi 654 miliar dari periode yang sama yakni Rp 549 miliar,” jelas manajemen. (fur)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN