Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Warehouse PT Synnex Metrodata Indonesia. Foto: Metrodata

Warehouse PT Synnex Metrodata Indonesia. Foto: Metrodata

Metrodata Resmi Menjadi Distributor Semikonduktor Asal Taiwan

Selasa, 15 Juni 2021 | 18:01 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah

JAKARTA, Investor.id - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) melalui anak usahanya, PT Synnex Metrodata Indonesia, secara resmi menjadi distributor produk semikonduktor asal Taiwan, yakni Team Group Inc. Penambahan mitra baru ini sejalan dengan tren peningkatan permintaan gaming console, komputer pribadi (personal computer/PC), dan notebook yang terus meningkat.

Presiden Direktur Susanto Djaja mengatakan, tingginya permintaan produk teknologi pasca pandemi berdampak pada kelangkaan bahan baku produk teknologi informasi komputer (TIK) berupa semikonduktor chip yang digunakan untuk PC dan notebook.

“Permintaan produk ini meningkat, seiring dengan adanya tren gaming sebagai hiburan saat beraktivitas di rumah. Oleh karena itu, kami tertarik menjadi one-stop solution untuk produk gaming melalui penambahan kemitraan dengan TEAM Group Inc,” jelasnya, Senin (15/6).

Synnex Metrodata.
Synnex Metrodata.

Dalam kerja sama ini, Susanto menambahkan, perseroan akan memasarkan memory, flash dan components, yaitu T-Force, T-Create, team flash card, dan team USB flash drive yang akan menyasar segmen pengguna standard, gamers, dan creators. Apalagi berdasarkan data Newzoo, pasar gaming tahun ini diperkirakan mencapai US$ 189,3 miliar. “Hal ini menjadi alasan perseroan untuk terus bertumbuh,” ujarnya.

Sementara itu, Distribution Product Director PT Synnex Metrodata Indonesia Ronaldy Suhendra mengatakan, dengan hadirnya Team Group Inc dalam portofolio SMI, perseroan antusias untuk mengembangkan portofolio memory, flash, dan components yang berhubungan dengan gaming.

“Selain itu, SMI akan memberikan manfaat lebih bagi mitra bisnis berupa peluang bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan menawarkan one-stop solution untuk gaming product beserta dukungannya yang semuanya dapat diperoleh dengan menjadi mitra bisnis SMI,” kata dia.

Dari segi pemasaran, dia menambahkan, SMI akan menyediakan saluran bisnis kepada Team Group Inc agar dapat didistribusikan di seluruh Indonesia, mulai dari pasar TI tradisional hingga pasar modern di e-commerce dan digital platform.

SMI akan menjalankan strategi go to market framework sejalan dengan pengembangan pengenalan pasar serta pendayagunaan peluang channel sales yang menjangkau lebih dari 150 kota di 20 wilayah strategis di Indonesia. Sebagai informasi, sebelumnya SMI juga sudah menjadi distributor resmi untuk produk Razer Gaming Gear & Peripherals dari Razer yang merupakan perusahaan teknologi merek gaya hidup bagi gamers di dunia.

”Melalui dukungan lebih dari 5.200 channel partners, serta memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia,” jelas Ronaldy.

Sebagai informasi, Team Group Inc merupakan perusahaan asal Taiwan yang bergerak dalam industri semikonduktor dengan bisnis utama manufaktur komponen elektronik, komputer dan perdagangan peralatan periferal, bahan elektronik biasa, dan perdagangan produk elektronik. 

Adapun sebelumnya, Metrodata Electronics akan membagikan dividen sebesar Rp 90,85 miliar atau Rp 37 per saham. Dividen itu setara dengan 25% dari laba bersih tahun 2020 yang sebesar Rp 364,93 miliar. Perseroan juga memutuskan untuk meningkatkan rasio dividen dari 22,7% menjadi 25%.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN