Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Widodo Makmur Unggas

PT Widodo Makmur Unggas

Mirae Asset Sekuritas: Intip Rekomendasi Empat Saham Sektor Unggas Bulan Ini

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:39 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Mirae Asset Sekuritas mempertahankan rating netral pada sektor unggas di Agustus 2022. Namun, ada empat saham pilihan sektor unggas yang direkomendasikan untuk bulan ini, diantaranya MAIN dan JPFA.

Analis Mirae Asset Sekuritas Emma A Fauni menjelaskan, harga broiler sedikit menguat di bulan Juli menjadi Rp 20,5 ribu per kg. Angka itu naik 2,1% month on month (MoM) atau turun 21% year on year (YoY).Hal ini terjadi karena didukung oleh permintaan ayam yang kuat di bulan lalu. Namun memasuki Agustus, rata-rata harga broiler month to date (MTD) melemah menjadi Rp 16,5 ribu per kg atau turun 21% (MTD).

Namun, Emma memperkirakan penurunan harga boiler bersifat sementara dan akan menguat dalam beberapa minggu mendatang mengingat permintaan yang kuat. Sementara itu, harga Day Old Chicken (DOC) rebound di bulan Juli menjadi Rp 5,5 ribu per ekor atau naik 30,4% YoY dan 40,5% MoM. “Disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan peternak terhadap ayam karena harga broiler yang kuat di bulan-bulan sebelumnya,” tulis Emma dalam risetnya, Jumat (12/8/2022).

Di sisi bahan baku, lanjut Emma, harga jagung dalam negeri tetap kondusif menyusul musim panen raya yang lalu. Harga terakhir berada di Rp 4 ribu per kg, sedikit mengurangi tekanan pada bahan baku. Namun, harga bungkil kedelai (SBM) tetap kuat. Dengan harga rata-rata SBM YTD berkisar pada US$ 446 perton atau 16,6% lebih tinggi dari rata-rata tahun 2021.

Baca juga: Inilah Menu Pilihan Saham Emiten Unggas, Japfa (JPFA) Paling Lezat?

"Harap dicatat bahwa tekanan tidak hanya datang dari bungkil kedelai, tetapi juga melemahnya Rupiah terhadap dolar AS dan naiknya biaya logistik. Kami memperkirakan tekanan dari faktor-faktor itu akan bertahan untuk beberapa waktu ke depan,” tambahnya.

Emma pun mengatakan sempat berkunjung ke salah satu flagship store Sunny Chick milik MAIN yang terletak di Fatmawati. Secara keseluruhan, MAIN memasuki bisnis restoran ini sebagai sesuatu yang positif, tetapi kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan dan marjin operasi masih akan terlihat dalam 3 tahun ke depan.

rekomendasi Unggas Mirae Asset Sekuritas
Sumber; Istimewa
rekomendasi Unggas Mirae Asset Sekuritas Sumber; Istimewa

Untuk itu, Emma mempertahankan rating Netral di sektor ini mempertimbangkan profil risk-reward yang seimbang ke depan. Pemulihan harga komoditas unggas akan menjadi normal dan tetap solid pada level saat ini sementara risiko dari harga bahan baku yang tinggi akan tetap ada. Pihaknya menyukai JPFA karena potensi pertumbuhan jangka panjangnya dan valuasinya yang undemanding.

“Kami cukup positif dengan inisiasi bisnis restoran MAIN. Namun, kami masih mempertahankan proyeksi dan rekomendasi saham kami untuk MAIN untuk saat ini,” tutupnya.

Baca juga: Mentan Lepas Ekspor Produk Unggas ke Pasar Singapura

Sedangkan rekomendasi Mirae Asset Sekuritas untuk empat saham-saham pilihan di sektor unggas ini adalah:  

CPIN

Rating: Hold   

Harga penutupan: 5.675 (+0,44%)

Target Harga: 6.100

JPFA

Rating: Buy  

Harga penutupan: 1.510 (-0,33%)

Target Harga: 200

Baca juga: Widodo Makmur Unggas (WMUU) Bagikan Dividen 10% dari Laba Bersih, Begini Jadwalnya!

MAIN

Rating: Sell  

Harga penutupan: 610 (-0,81%)

Target Harga: 280

WMUU

Rating: Trading buy  

Harga penutupan: 141 (+1,44%)

Target Harga: 160

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com