Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Noersing  saat Public Expose Live 2021, Selasa (7/9/2021).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Noersing saat Public Expose Live 2021, Selasa (7/9/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

MNC Pertahankan Dominasi di Bisnis FTA TV, Konten, dan  Digital

Rabu, 8 September 2021 | 08:28 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC/MNCN) mempertahankan dominasi di semua lini bisnis yang digeluti pada Juli 2021, baik itu di TV free to air (FTA), konten, dan digital. Tim manajemen MNC akan fokus mencapai target operasional dan keuangan tahun ini.

Direktur Utama MNC Noersing menerangkan, perseroan kembali menunjukkan dominasi dalam pencapaian pangsa pemirsa nasional melalui produksi konten yang berfokus pada segmentasi pasar di Indonesia. Sebanyak empat TV FTA perseroan, yaitu RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews mempertahankan posisi di puncak industri media dengan meraih pangsa pemirsa tertinggi di antara semua grup TV FTA, yakni 56% di slot prime time dan 41,6% di slot nonprime time.

“Selain itu, serial drama perseroan dengan kinerja terbaik berjudul Ikatan Cinta telah mempertahankan rekor rating dan pangsa pemirsa, serta berhasil meraih posisi tertinggi, baik sebagai program terbaik di bulan Juli dan juga sebagai program drama seri yang terbaik di sepanjang tahun, berdasarkan data Nielsen,” kata dia, Selasa (7/9/2021).

Selain itu, dia melanjutkan, perseroan berfokus memperluas sumber pendapatan konten melalui berbagai upaya dalam meningkatkan pendapatan yang berasal dari monetisasi intellectual property (IP). Baru-baru ini, MNC telah memiliki kesepakatan dengan beberapa perusahaan barang konsumsi terkait hak penggunaan karakter dan logo serial drama milik perseroan di kemasan produk mereka.

Perseroan, kata dia, juga memiliki KIKO, konten animasi yang diproduksi sendiri dan hadir di 63 lebih negara di seluruh dunia. IP animasi populer lainnya yang berjudul Bima dilisensikan untuk produksi mainan dan telah menerima respons konsumen yang luar biasa, di mana dalam waktu satu minggu, lisensi tersebut menerima 2 juta lebih pesanan.

Di bisnis manajemen bakat, MNC memiliki unit manajemen artis terbesar di Indonesia dengan sekitar 400 artis di bawah naungannya, yang mewakili berbagai kategori talent seperti penyanyi, presenter, aktor, aktris, komedian, koki, pesulap, dan influencer di media sosial.

Dia melanjutkan, Juli 2021, aplikasi RCTI+ telah berhasil menghasilkan 39,8 juta lebih monthly active users (MAU) dan diperkirakan melampaui target akhir tahun perseroan pada Agustus dan menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan digital.

Di bisnis media sosial, dia menerangkan, Juli 2021, performa YouTube perseroan merupakan terbesar di Indonesia dengan 140,7 juta subscribers dan 45,1 miliar views. Sementara itu, di Facebook dan TikTok, MNC telah berhasil mengumpulkan jumlah followers 137,5 juta lebih dengan 3 miliar views.

Dia menambahkan, divisi gaming adalah terobosan terbaru perseroan di bidang hiburan. Perseroan siap untuk merambah pasar game Indonesia yang berkembang dengan sangat pesat dan memperluas lini operasi bisnis game dengan mendirikan unit bisnis PT Esports Star Indonesia (ESI).

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan, grup memahami dinamika perubahan industri media di Indonesia. Itu sebabnya, MNC berinvestasi dalam inovasi untuk membangun fondasi baru agar mencapai kesuksesan baik di lini media tradisional maupun digital yang berkembang pesat.

“Kami akan terus berinovasi dengan visi dan kecepatan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan mampu mewujudkan aspirasi kami,” kata dia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN