Menu
Sign in
@ Contact
Search
John Riady dalam World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss.

John Riady dalam World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss.

MySiloam, Bukti Keberhasilan Strategi Omnichannel

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:03 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA,Investor.id – Layanan digital telehealth PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), MySiloam, menunjukkan perkembangan positif. Berkat komitmen untuk memajukan industri kesehatan, Lippo Group, terus mengembangkan bauran layanan di rumah sakit secara digital, mendorong kinerja perseroan kian moncer ke depan.

Riset PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyebutkan, keberadaan MySiloam menjadi penopang kinerja rumah sakit di bawah Lippo Group itu. Buktinya, terjadi peningkatan signifikan layanan berbasis digital MySiloam.

Baca juga: Siloam Hospitals dan NCGM Jepang Kembangkan Kualitas Tenaga Medis dan Pusat Uji Klinis

Pada 2021, pemeriksaan pasien melalui MySiloam melesat 546% year on year (YoY). Bahkan, sejak awal tahun 2022, akses pasien di MySiloam terus bertumbuh. Dengan kekuatan jaringan rumah sakit plus penguatan digital, Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi SILO akan mampu membukukan pendapatan Rp 8,128 triliun dan laba bersih Rp511 miliar pada tahun ini.

Sejauh ini, SILO menjadi pionir layanan digital kesehatan atau telehealth yang langsung digawangi rumah sakit. Melalui MySiloam memungkinkan pasien SILO untuk membuat janji dengan dokternya, baik itu konsultasi offline atau online melalui aplikasi.

Dengan memanfaatkan gawai, para pasien dan dokter juga dapat mengakses catatan rekam medis sehingga proses penanganan dapat berkesinambungan. MySiloam merupakan jembatan antara pasien dengan layanan rumah sakit, sekaligus memenuhi kebutuhan kesehatan jarak jauh yang terhubung dengan 1.000 dokter.

“Keberadaan MySiloam ini merupakan wujud nyata strategi yang diterapkan Lippo Group dalam merambah dunia digital,”  kata Direktur Eksektutif Lippo Group John Riady di Jakarta, Senin (22/8/2022).

John yang dikenal sebagai pionir usaha ventura yang mengembangkan berbagai usaha rintisan digital.

Strategi digitalisasi yang dijalani SILO, kata John, selalu mengacu pada garis besar pengembangan Lippo Group. Meski terlihat sangat pro digitalisasi, dia menyimpulkan gerak masif teknologi informasi tidak seharusnya meninggalkan model bisnis konvensional.

Dikatakan apa yang dirintis SILO melalui MySiloam merupakan kolaborasi layanan kesehatan konvensional dengan teknologi digital. “Sejak awal, saya meyakini bahwa tidak ada serba digital yang vis a vis dengan layanan konvensional, keduanya harus dikolaborasikan. Istilah kerennya omnichannel,” kata John.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa strategi omni channel ini tidak saja terdapat pada SILO, melainkan pula di berbagai lini bisnis Lippo Group. Jelas John, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) juga telah berkolaborasi dengan Tokopedia.

Baca juga: Siloam (SILO) Tingkatkan Ekspansi Digital, Lippo Karawaci (LPKR) Terimbas Positif

John meyakini bahwa perkembangan digital harus saling memperkuat dengan layanan konvensional, terlebih lagi untuk karakter masyarakat Indonesia. “Kalau di sini untuk segmen ritel, belanja daring itu masih 10%, sedangkan 60% masih pasar tradisional, sisanya ritel modern. Jadi memang harus omnichannel,” tegasnya.

Terlebih lagi, John menilai untuk sektor kesehatan walaupun sangat memungkinkan memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk meningkatkan layanan, juga harus mempunyai layanan terbaik secara fisik.

“Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin tinggi. LPKR melalui SILO akan terus melanjutkan ekspansi. Kami memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan healthcare di Indonesia, dan tentunya berkomitmen untuk terus bertumbuh," simpul John.

Karena itu, SILO pun berkomitmen terus melakukan ekspansi. Sedangkan dari layanan digital, selain mengandalkan My Siloam, SILO juga telah bekerja sama dengan platform lain seperti AIDO, HaloDoc, dan Alodokter.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com