Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Delta Dunia Makmur Tbk. Foto: Perseroan.

PT Delta Dunia Makmur Tbk. Foto: Perseroan.

Northstar Berpotensi Lepas Kendali di Delta Dunia Makmur

Minggu, 24 Januari 2021 | 13:07 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – Northstar Group, perusahaan yang dikendalikan Patrick Walujo, berpotensi melepas posisi pemegang saham pengendali PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID). Hal ini sebagai konsekuensi atas perjanjian obligasi wajib konversi (convertible note) Northstar Tambang Persada Ltd (NTP) dengan Souls Humanity Pte Ltd.

Pada 1 Januari 2021, Soul Humanity menandatangani perjanjian yang menyatakan akan berpartisipasi dalam penerbitan convertible note NTP yang kemudian dapat dikonversi menjadi non-voting saham kelas C NTP.

Sebagai informasi, NTP dikendalikan oleh konsorsium investor, seperti Northstar Equity Partners, TPG Capital, GIC Pte Ltd, dan China Investment Corp. Sementara Souls Humanity merupakan perusahaan yang dikendalikan oleh Ronald Sutardja dan Ashish Gupta. Saat ini, Ronald tercatat sebagai direktur utama PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak usaha Delta Dunia Makmur.

Direktur Utama Delta Dunia Makmur Hagianto Kumala mengatakan, apabila convertible note tersebut dieksekuisi, Souls Humanity bakal menjadi pemegang 44% saham NTP dan membuat Soul Humanity memiliki secara tidak langsung 16,7% saham perseroan. Hal ini diprediksi akan terjadi pada kuartal I-2021.

“Perseroan juga memahami bahwa pemegang saham kelas A NTP dan pemegang saham kelas B NTP telah menandatangani perjanjian opsi dengan Souls Humanity,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (22/1).

Perjanjian opsi antara lain, meliputi opsi beli kepada Soul Humanity dan opsi jual yang sesuai kepada masing-masing pemegang saham NTP. Harga pelaksanaan opsi tersebut akan mengacu pada nilai saham Delta Dunia Makmur kepada publik.

Apabila opsi tersebut dilaksanakan sesuai prasyarat perjanjian, maka Souls Humanity akan memperoleh 100% saham NTP. Alhasil, Souls Humanity secara tidak langsung memiliki 37,9% saham dalam Delta Dunia Makmur. Hal ini juga memungkinkan Souls Humanity melalui NTP mendapatkan hak untuk mencalonkan tiga dari enam anggota dewan komisaris perseroan, dan dua dari tiga anggota direksi perseroan, yang wajib melewati rapat umum pemegang saham (RUPS).

Meskipun NTP belum menginformasikan kepada manajemen Delta Dunia Makmur tentang rencana mengubah struktur kepemilikan saham NTP di kemudian hari, dia mengatakan, NTP dapat menjual sebagian sahamnya atas perseroan.

Selain itu, satu atau beberapa pemegang saham NTP lainnya dapat menjual sebagian atau seluruh saham NTP kepada entitas lain selain Souls Humanity. Hal ini bisa terjadi apabila kondisi prasyarat yang diatur dalam perjanjian opsi tidak terpenuhi, atau Soul Humanity dapat menjual sebagian sahamnya di NTP.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN