Menu
Sign in
@ Contact
Search
Suvenir berlapis emas cryptocurrency Tether (USDT), Bitcoin, dan koin Etherium diatur di samping layar yang menampilkan grafik perdagangan di London pada 8 Mei 2022. (FOTO: JUSTIN TALLIS / AFP)

Suvenir berlapis emas cryptocurrency Tether (USDT), Bitcoin, dan koin Etherium diatur di samping layar yang menampilkan grafik perdagangan di London pada 8 Mei 2022. (FOTO: JUSTIN TALLIS / AFP)

Oh No! September Ini Jadi Bulan Terlemah Sepanjang Sejarah Kripto

Kamis, 29 September 2022 | 14:04 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Bulan September akan segera berakhir. Bulan ini telah menjadi bulan terlemah sepanjang sejarah pasar kripto. Namun, September 2022 juga tampaknya akan menjadi bulan paling datar di pasar.

Indeks Kapitalisasi Menengah naik 4% di bulan September dan menjadi indeks dengan kinerja terbaik. Bitcoin menyusul di posisi kedua dengan kenaikan sebesar 1%. Di bulan September ini, BTC berhasil mengalahkan kinerja aset-aset besar lainnya.

Baca juga: Pasar Kripto Sukses Move On Imbas Pelemahan Indeks Dolar AS

Indeks Kapitalisasi Kecil (-1%) berada di posisi ketiga, sedangkan Indeks Kapitalisasi Besar menjadi indeks berkinerja terburuk dengan penurunan 2% sepanjang bulan September.

“Alasan dibalik lemahnya kinerja Indeks Kapitalisasi Besar adalah karena memburuknya kinerja ETH di bulan September. Dominasi pasar ETH sempat memuncak di angka 20.7% pada akhir Agustus akibat antisipasi positif menjelang merging,” ujar Country Manager, Luno Indonesia Jay Jayawijayaningtiyas dalam risetnya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Gandeng Bappebti, PINTU Genjot Literasi dan Edukasi Kripto di Vokasi UGM Yogyakarta

Namun sayangnya, merging justru membawa fenomena sell-the-news, dan ETH terus mencatatkan kinerja yang cenderung buruk dibandingkan aset kripto lain, terutama BTC. Kinerja yang buruk ini telah mengakibatkan penurunan pangsa pasar ke angka 17.4%.

Selama beberapa minggu terakhir, stablecoin telah mencatatkan pertumbuhan pangsa pasar yang cukup signifikan sebagai dampak mitigasi risiko oleh para trader. Namun, tren ini berbalik dalam seminggu terakhir, dimana USDT, USDC dan BUSD mengalami penurunan dominasi pasar.

Baca juga: Pasar Kripto Dunia Volatil, CAD Hentikan Sementara Operasional Penambangan

Mengenai pergerakan pasar di minggu keempat September 2022, Jay mengatakan, di pekan ini, Bitcoin (BTC) kembali pulih dan berhasil menyentuh harga US$ 20,000 (sekitar Rp303 juta).

Namun, pergerakan ini masih harus terus diamati mengingat saat ini Bitcoin masih berada di rentang konsolidasinya dalam tiga bulan, yakni di antara US$17,500 (sekitar Rp265 juta) dan US$25,000 (sekitar Rp378 juta). Untuk memastikan Bitcoin sudah pulih dan stabil, Bitcoin perlu menembus US$25,000 (sekitar Rp378 juta) dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Baca juga: Pajak Kripto, Negara Berhasil Kumpulkan Rp 126,75 Miliar hingga Agustus

“Sejak merging, Ethereum (ETH) belum menunjukkan kinerja yang cukup baik dibandingkan aset kripto lain. Hal tersebut mengakibatkan penurunan pangsa pasar ETH ke angka 17.4%. Selain itu, ketidakpastian terkait resesi berdampak pada situasi pasar yang juga mempengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi di aset kripto,” ujarnya.

Periode terpanjang sentimen fear masih terus berlanjut. Pasar telah berada pada zona fear selama lebih dari 178 hari, seperti yang ditunjukkan oleh Indeks Fear and Greed. Selain itu, sentimen di media sosial mengindikasikan bahwa para pelaku pasar belum pernah menunjukkan sentimen bearish seperti ini sebelumnya, bahkan dalam kondisi pasar bearish sekalipun. Secara historis, bersikap greedy saat kondisi pasar fearful biasanya merupakan strategi yang baik, namun perlu diperhatikan bahwa kondisi fearful pasar ini masih bisa terus berlanjut.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com