Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pegawai berada di galeri Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Pegawai berada di galeri Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Pandemi Covid-19 Picu Sanurhasta Mitra Rugi Bersih

Selasa, 13 April 2021 | 16:10 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA) mencetak penurunan kinerja keuangan dipicu atas pandemi Covid-19. Hal ini membuat perseroan mengalami rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 9,78 miliar pada 2020, dibandingkan periode sama tahun 2019 senilai Rp 1,08 miliar.

Sekretaris Perusahaan Sanurhasta Mitra Gunawan Angkawibawa mengatakan, rugi yang dibukukan sepanjang tahun 2020 akibat adanya penurunan pendapatan yang signifikan, dibandingkan tahun 2019. Hal ini terjadi setelah seluruh sektor ekonomi terutama industri pariwisata terkenan dampak negatif pandemi Covid-19.

“Mewabahnya virus Covid-19 memaksa adanya pengurangan mobilitas yang signifikan, sehingga berdampak besar pada penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali,” ujar Gunawan kepada Investor Daily, di Jakarta, baru-baru ini.

Pendapatan perseroan turun hingga 69,52% menjadi Rp 3,74 miliar pada 2020, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 12,3 miliar. Pemicu utama penurunan pendapatan adalah berkurangnya tingkat penghunian kamar (TPK) dari pondok wisata perseroan, yang akhirnya juga berdampak pada berkurangnya pendapatan atas penjualan makanan dan minuman, serta produk-produk lain perseroan.

“Kami berupaya untuk bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik tahun 2021, dibandingkan pencapaian tahun 2020. Kami juga berharap dan berkomitmen untuk bekerja keras agar kinerja keuangan tahun ini lebih baik,” ujar dia.

Dalam upaya meningkatkan kinerja keuangannya, perseroan akan senantiasa memantau perkembangan dari kebijakan-kebijakan pemerintah, khususnya bagi sektor pariwisata dan perhotelan. “Kami juga akan mengoptimalkan segala stimulus-stimulus yang diluncurkan pemerintah,” ujar dia.

Selain itu, perseroan secara paralel akan selalu mengembangkan jaringan yang sudah ada, menggiatkan upaya promosi, meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dan melakukan pemeliharaan kualitas infrastruktur dan fasilitas-fasilitas yang ada di pondok wisata secara komprehensif. Tahun ini, perseroan belum memiliki rencana bisnis ataupun aksi korporasi yang ingin dilakukan.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN