Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Walikota Surakarta Gibran, pejabat lainnya, dan dewan direksi PTPP, menyaksikan langsung aktivitas Pasar Legi Surakarta usai diresmikan, Kamis (20/1).

Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Walikota Surakarta Gibran, pejabat lainnya, dan dewan direksi PTPP, menyaksikan langsung aktivitas Pasar Legi Surakarta usai diresmikan, Kamis (20/1).

Pasar Legi Surakarta Dioperasikan, PTPP Tuntaskan Pengerjaan Tepat Waktu

Senin, 24 Januari 2022 | 10:12 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka, terbesar, dan terdepan di Indonesia, melalui anak usahanya yang bergerak di bidang konstruksi PT PP Urban telah menuntaskan pekerjaan rehabilitasi pasar Legi Surakarta.

Pasar tersebut juga telah diresmikan penggunaannya pada Kamis (20/01). Peresmian pasar tersebut secara simbolis dilaksanakan Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Peresmian juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dirjen Perumahan KemenPUPR Iwan Suprijanto, Staf Ahli KemenPUPR Bidang 5 Endra Saleh, Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya KemenPUPR Essy Asiah.

Peresmian juga dihadiri Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, dan Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah Cakra Nagara, Komandan Kodim Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono, dan Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta Amir Akbar Nurul Qomar.

Baca juga: Dongkrak Kinerja, PTPP akan Divestasi 19 Aset Properti

Hadir juga Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP Anton Satyo Hendriatmo, SVP Corporate Secretary PTPP Yuyus Juarsa, Direktur Utama PP Urban Nugroho Agung Sanyoto, Direktur Operasi 2 PP Urban Fakhrul Ulum, dan perwakilan PT Yodya Karya.

Pasar Legi Surakarta menjadi pasar terbesar di Kota Surakarta dan PP Urban telah selesai melaksanakan pekerjaan rehabilitasi Pasar Legi Surakarta yang memiliki luas bangunan sekitar 31.072 m2. Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 21.978 m2 yang terdiri atas dua lantai bangunan, di antaranya satu lantai semi basement, 250 unit Pelataran, 2.190 unit Los, dan 306 unit Kios.

Sedangkan lingkup pekerjaan rehabilitasi Pasar Legi Surakarta ini mencakup pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal elektrikal & plumbing, dan pekerjaan infrastruktur. Pasar Legi Surakarta yang memiliki julukan “Pasar yang Tidak Pernah Tidur” ini mengusung konsep green building yang diadaptasi sesuai dengan petunjuk teknis penyelenggaraan bangunan gedung Dirjen Cipta Karya dan diharapkan mampu meminimalkan penggunaan daya listrik sehingga lebih ramah lingkungan.

Proyek Rehabilitasi Pasar Legi Surakarta ini dikerjakan oleh PP Urban sejak November 2020 dan dapat diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dengan telah diresmikannya Pasar Legi Surakarta ini diharapkan meningkatkan minat masyarakat Surakarta untuk berbelanja dengan nuansa pasar yang lebih modern dan nyaman, sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi Surakarta.

“Bersama – sama kami menjadikan Pasar Legi sebagai simbol kebangkitan ekonomi Surakarta pasca pandemi, meningkatkan ekonomi lokal, dan menjadi icon kebanggaan warga Kota Surakarta”, ujar Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani dalam sambutannya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan rehabilitasi Pasar Legi Surakarta ini sesuai dengan program Presiden untuk merevitalisasi pasar – pasar tradisional untuk menjadi pasar yang higienis, bersih, nyaman, dan aman untuk berbelanja. Saya kira, program – program revitalisasi ini akan terus dikembangkan,” ujarnya dalam pernyataan singkatnya.

Baca juga: PUPR Tuntaskan Revitalisasi Pasar Legi yang Sempat Terbakar

Sementara itu, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pemerintahan Kota Surakarta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat. “Kami menguncapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia atas selesainya Revitalisasi Pasar Legi”, ujarnya.

Tepat Waktu

Sementara itu, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengapresiasi PP Urban atas keberhasilannya menyelesaikan pembangunan Pasar Legi Surakarta tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan memenuhi ekspektasi serta aspek keselamatan.

“Semoga Pasar Legi Surakarta dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat Surakarta terutama para pedagang yang sudah menantikan kehadiran Pasar Legi Surakarta dengan wajah baru”, ujar Novel Arsyad menambahkan kepada Media.

Sementara itu, Direktur Utama PP Urban Nugroho Agung Sanyoto mengatakan, perseroan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan Pasar Legi Surakarta ini. “Saya ucapkan selamat kepada tim Proyek dengan telah diresmikannya Pasar Legi Surakarta dan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dan tim proyek yang telah gigih dalam bekerja keras untuk menghadirkan pasar yang menjadi icon bagi masyarakat di Kota Surakarta ini,” ujar Nugroho Agung.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN