Menu
Sign in
@ Contact
Search
Logo Pfizer ditampilkan di bagian luar bekas pabrik Pfizer pada 4 Mei 2014 di wilayah Brooklyn, New York, AS. (FOTO: AP/Mark Lennihan, File)

Logo Pfizer ditampilkan di bagian luar bekas pabrik Pfizer pada 4 Mei 2014 di wilayah Brooklyn, New York, AS. (FOTO: AP/Mark Lennihan, File)

Pfizer Akuisisi Perusahaan di Bidang Hematologi US$ 5,4 Miliar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:48 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

NEW YORK, investor.id – Pfizer akan menghabiskan sekitar US$ 5,4 miliar untuk akuisisi Global Blood Therapeutics yang bergerak di bidang hematologi. Perusahaan melanjutkan rencana menginvestasikan sebagian arus kas yang diperoleh selama pandemi Covid-19.

Pfizer mengatakan pada Senin (8/8) bahwa akuisisi akan meningkatkan kemampuannya dalam bidang hematologi langka. Global Therapeutics membuat tablet Oxybryta untuk mengobati penyakit sel sabit. Penjualan Oxbryta mencapai angka US$ 195 juta tahun lalu.

Adapun hematologi adalah ilmu yang mempelajari darah dan kelainan darah. Ahli hematologi dan ahli hematopatologi adalah penyedia layanan kesehatan yang sangat terlatih dan berspesialisasi dalam penyakit darah dan komponen darah, termasuk sel darah dan sumsum tulang. Tes hematologi dapat membantu mendiagnosis anemia, infeksi, hemofilia, gangguan pembekuan darah, hingga leukemia.

Baca juga: Vaksin Pfizer Covid-19 untuk Balita Efektif dengan 3 Dosis

Kesepakatan terbaru mengikuti akuisisi Biohaven senilai US$ 11,6 miliar oleh Pfizer yang diumumkan perusahaan pada Mei 2022, berserta akuisisi Arena Pharmaceuticals senilai US$ 6,7 miliar yang diumumkan Desember 2021.

Pfizer juga mengumumkan pada April 2022 akan melakukan akuisisi dengan skala lebih kecil untuk membeli ReViral Ltd. milik swasta, yang sedang mengembangkan pengobatan untuk virus pernapasan syncytial.

Respiratory Syncytial Virus (RSV) adalah virus yang menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernapasan.

Vaksin dan pengobatan Covid-19 terlaris Pfizer Inc. telah membuat produsen obat asal New York, Amerika Serikat (AS) itu dibanjiri uang tunai untuk dibelanjakan pada nuansa akuisisi. Vaksin dan pengobatan menghasilkan lebih dari US$ 16 miliar digabungkan hanya pada kuartal II-2022 yang baru saja selesai.

Chief business innovation officer (CINO) Pfizer Aamir Malik mengatakan kepada analis baru-baru ini bahwa Pfizer tidak banyak melewatkan peluang ekspansi. Malik mengatakan, Pifzer sedang mencari kesepakatan yang akan mempercepat pertumbuhan di paruh terakhir dekade ini dan dapat menambah nilai substansial baik secara ilmiah maupun komersial.

“Saya pikir kami sangat senang dengan peluang yang ada di depan kami dan fleksibilitas yang diberikan neraca kami untuk mengejar itu,” katanya saat panggilan untuk membahas hasil II-2022, baru-baru ini.

Baca juga: Kuartal II-2022 Raksasa Teknologi Jepang SoftBank Merugi US$ 23 Miliar

Pfizer akan membayar US$ 68,50 per saham secara tunai untuk setiap saham Global Blood Therapeutics (GBT).

Dewan kedua perusahaan telah menyetujui kesepakatan itu, yang masih membutuhkan persetujuan peraturan dan persetujuan dari pemegang saham GBT.

Saham Global Blood Therapeutics Inc., yang berbasis di luar San Francisco, naik 4% sebelum bel pembukaan. Saham Pfizer secara umum bergerak mendatar.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com