Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pialang memantau pergerakan saham di sekuritas, Jakarta, belum lama ini. (Investor Daily/David Gita Roza)

Pialang memantau pergerakan saham di sekuritas, Jakarta, belum lama ini. (Investor Daily/David Gita Roza)

Pilarmas: IHSG Menguat Terbatas, Kawal Lima Saham Potensi Melesat

Kamis, 29 September 2022 | 07:15 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi IHSG menguat terbatas pada perdagangan Kamis (29/9/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada rentang 7.046 – 7.108. Kawal lima saham potensi melesat hari ini, diantaranya PTBA dan ADRO.

“Namun hati hati, volatilitas masih cukup tinggi ya,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Kamis (29/9/2022).

Pada perdagangan Rabu (28/9/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 35 poin (0,50%) ke level 7.077. Sektor bahan baku, industry, transportasi dan logistic, energi, property dan real estate, infrastruktur, konsumen non primer, teknologi, Kesehatan, dan konsumen primer bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Rebound, Jadi Momentum Serok Saham Blue Chip

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, situasi tampaknya tidak begitu membaik, karena tidak keselerasan antara Bank Sentral Inggris dengan pemerintah, hal ini tentu saja akan menyebabkan polemik di pasar.

“Kami hanya berharap bahwa setiap kebijakan yang diambil, merupakan bauran kebijakan yang dilakukan antara fiscal dan moneter, sehingga Inggris mampu dan dapat melewati ketidakpastian tersebut,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, kejadian kerusakan pipa yang terjadi di Gazprom PJSC ternyata dampaknya cukup besar. Pasalnya kerusakan ekonomi dari penutupan aliran gas Rusia dapat membebani situasi dan kondisi memburuk lebih cepat di Eropa dan mendorong risiko mengalami kenaikkan yang dimana hal ini justru memberikan dampak yang lebih besar daripada krisis keuangan global.

Baca juga: Saham AS Reli Setelah Intervensi Bank Sentral Inggris

“Apabila pada sisa tahun ini, Eropa mampu melewatinya dengan baik, maka belum tentu akan terlewati lagi pada tahun depan dimana situasi dan kondisi juga belum kunjung mengalami perbaikan. Perekonomian Eropa sedang menuju resesi yang cukup dalam menurut kami, dimana prospek tersebut juga kian suram dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.

Sedangkan dari dalam negeri, Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan pertumbuhan ekonomi dalam negeri di kuartal III-2022 di proyeksi lebih tinggi dari kuartal sebelumnya di tahun yang sama, optimis tersebut sejalan dengan proyeksi yang disampaikan Kementerian Keuangan RI bahwa pertumbuhan ekonomi nasional kuartal III-2021 tumbuh 5,6%-6%. Proyeksi tersebut tentu mengingat situasi dan kondisi makro ekonomi yang membaik dimana ditopang surplusnya neraca perdagangan , daya konsumsi rumah tangga dan investasi masih terjaga.

Hal ini memberikan indikasi bahwa proses pemulihan ekonomi dalam negeri terus membaik dan berkelanjutan meskipun masih di selimuti kondisi global saat ini pengaruh kondisi geopolitik Rusia-Ukraina, volatilitas komoditas, ancaman inflasi , kebijakan agresi bank sentral yang memberikan kecemasan akan berdampak memperlambat pertumbuhan ekonomi global sehingga ini akan berimbas pada setiap negara. Namun demikian pemerintah dan bank sentral terus bahu membahu dalam menjaga stabilitas moneter dan ekonomi dalam negeri.

Baca juga: Artha Sekuritas: IHSG diprediksi Melemah, Cermati WIIM Hingga MNCN

“Hal ini yang menjadi penting. Sebab, bauran kebijakan moneter merupakan salah satu modal penting dalam melewati ketidakpastian, dan fundamental ekonomi Indonesia yang sudah jauh lebih kuat akan menjadi modal penting bagi Indonesia bisa glow in dark ditengah situasi dan kondisi yang tengah sulit saat ini,” papar Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan kawal lima saham pilihan yang berpotensi melesat pada perdagangan hari ini. Kelima saham pilihan tersebut adalah PTBA, AMRT, BBRI, KIJA, ADRO.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com