Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Pembangunan Perumahan (PTPP). Foto: DAVID

PT Pembangunan Perumahan (PTPP). Foto: DAVID

DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH

PP Sukses Tuntaskan Lima Proyek Infrastruktur Besar

Kamis, 29 Oktober 2020 | 17:40 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, berhasil telah menuntaskan pembangunan lima proyek prestigius sepanjang tahun ini. Kelima proyek tersebut berhasil dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Kelima proyek yang telah dituntaskan dan diresmikan tersebut adalah stadion Papua Bangkit di provinsi Papua, New Yogyakarta International Airport di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni di provinsi Banten dan Lampung, Jalan Tol Manado-Bitung di provinsi Sulawesi Utara, dan Jembatan Teluk Kendari di provinsi Sulawesi Tenggara.

Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa selaku Sekretaris Perusahaan Perseroan mengatakan, kelima proyek infrastruktur yang telah diresmikan tersebut berhasil menghasilkan dampak sosial dan ekonomi sangat tinggi bagi masyarakat Indonesia. Di antaranaya, memeratakan pembangunan, menciptakan lapangan pekerjaan baru, membantu pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, mendorong tumbuhnya kawasan industri dan pemukiman baru, mendukung tumbuhnya pariwisata daerah, dan masih banyak manfaat positif lainnya.

Foto dari atas udara Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulonprogo di Kulonprogo, Yogyakarta. Foto: IST
Foto dari atas udara Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulonprogo di Kulonprogo, Yogyakarta. Foto: IST

PP mencatat proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo tercatat sebagai satu karya terbaik perseroan yang menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Pengerjaan proyek sebesar Rp 6,98 triliun ini berhasil diselesaikan dalam waktu singkat, seperti pembangunan airside bandara hanya dikerjakan dalam kurun waktu delapan bulan. Sedangkan untuk mencapai pengoperasian minimum bandara, perseroan dapat menyelesaikannya dalam kurun waktu 12 bulan.

Selain itu, dia mengatakan, proyek bandara ini dikerjakan dengan kualitas terbaik. Hal ini diakui oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat peresmian Yogyakarta International Airport (YIA). Saat itu, Presiden menyampaikan apresiasinya kepada PP yang telah sukses membangun YIA dengan kualitas terbaik yang pernah ada di Indonesia. Perseroan juga meraih tiga penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas keberhasilan tersebut, yaitu Bandara dengan Peneyelesaian Zona Airside Tercepat, Bandara dengan Pemakaian Beton Terbanyak, dan Pembangunan Konstruksi Bandara Internasional Tercepat.

Jalan Tol Manado-Bitung
Jalan Tol Manado-Bitung

Proyek kedua yang dituntaskan perseroan adalah pembangunan jalan tol Manado-Bitung di di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, Sulawesi Utara. Nilai kontrak proyek jalan tol ini mencapai Rp 3,16 triliun untuk pekerjaan seksi II ruas Manado-Danowudu sepanjang 6 kilo meter. Ke depan, jalan tol Manado-Bitung akan memiliki total lintasan sepanjang 40 kilo meter. “Proyek tersebut berhasil dituntaskan perseroan dengan tepat waktu dan telah diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, bulan lalu.

Penyelesaian pembangunan dermaga tersebut ditandai dengan pelaksanaan acara peresmian dermaga Merak, Banten pada hari Senin (12/10) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi. Acara tersebut juga dihadiri  Direktur Operasi 2 PP M Toha Fauzi dan  SVP Divisi Infrastruktur 2 PP Pande Ketut. Hadir juga Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar, Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, dsb.
Penyelesaian pembangunan dermaga tersebut ditandai dengan pelaksanaan acara peresmian dermaga Merak, Banten pada hari Senin (12/10) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi. Acara tersebut juga dihadiri Direktur Operasi 2 PP M Toha Fauzi dan SVP Divisi Infrastruktur 2 PP Pande Ketut. Hadir juga Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar, Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, dsb.

PP juga berhasil menuntaskan pembangunan dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni dengan tepat waktu dan diresmikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi. Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga breasting dolphin dengan panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga quay wall dengan panjang dermaga 150 meter. Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru mendatang.

PT PP (Persero) Tbk (PTPP) merampungkan pembangunan proyek Jembatan Teluk Kendari di Sulawesi Tenggara dengan tepat waktu. Penyelesaian pembangunan tersebut ditandai dengan peresmian pengoperasian jembatan tersebut oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hari ini.
PT PP (Persero) Tbk (PTPP) merampungkan pembangunan proyek Jembatan Teluk Kendari di Sulawesi Tenggara dengan tepat waktu. Penyelesaian pembangunan tersebut ditandai dengan peresmian pengoperasian jembatan tersebut oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hari ini.

Proyek prestigius perseroan lainnya yang baru saja dituntaskan adalah pembangunan jembatan Teluk Kendari sepanjang 1.348 meter di Provinsi Sulawesi Tenggara. Jembatan tersebut juga telah diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Jembatan ini diperkirakan memberikan dampak positif bagi pengembangan Kota Kendari dan masyarakat sekitar, terutama untuk meningkatkan konektvitas dan aksesbilitas interaksi antar kawasan. Jembatan tersebut juga mendukung pengembangan Kawasan industri Kendari New Port serta menunjang percepatan wisata bahari, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Jembatan ini juga dapat menjadi ikon (landmark) baru di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Stadion Papua Bankit kini menjadi ikon (landmark) baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua.
Stadion Papua Bankit kini menjadi ikon (landmark) baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua.

PP juga telah menuntaskan pembangunan proyek stadion Papua Bangkit (Stadion Lukas Enembe) di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion ini memiliki kapasitas lebih dari 40.000 penonton dan seluruh fasilitas stadion telah berstandar internasional. Proyek ini didanai APBD Provinsi Papua senilai Rp 1,3 Triliun. Stadion ini diklaim sebagai stadion terbaik dan termegah kedua yang ada di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

Dengan kehadiran Stadion Lukas Enembe di Provinsi Papua diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Provinsi tersebut dan menjadi ikon (landmark) tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua. Stadion tersebut diresmikan secara langsung oleh Gubernur Papua Petahana Lukas Enembe pekan lalu.

“Perseroan sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang Konstruksi Investasi di Indonesia sangat mendukung program pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastuktur yang ada di Tanah Air. Pembangunan infrastruktur merupakan bagian terpenting dari sebuah negara. Pembangunan infrastruktur tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Indonesia,” terangnya.

Berbekal kepercayaan yang diberikan pemerintah dan pengalaman tinggi yang dimiliki, Yuyus Juarsa mengatakan, perseroan bangga bisa menyelesaikan pembangunan proyek-proyek infrastuktur tersebut tepat waktu. Bahkan, satu proyek infrastruktur dapat dikerjakan lebih cepat dari yang telah ditargetkan.

“Pembangunan proyek infrastruktur yang masif sangat memberikan efek positif dalam perkembangan masyarakat Indonesia serta mengubah wajah Indonesia menuju ke arah yang lebih baik, yaitu Indonesia Maju. Dengan adanya pembangunan infrastruktur di suatu negara, negara tersebut akan maju pesat”, ujar Yuyus Juarsa.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN