Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Armada Pura Trans, salah satu pemain penting di bisnis truk nasional (Foto istimewa)

Armada Pura Trans, salah satu pemain penting di bisnis truk nasional (Foto istimewa)

Pura Trans Optimistis Cetak Laba Bersih Rp 30 Miliar di Akhir Tahun

Sabtu, 19 September 2020 | 06:53 WIB
Thereis Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA) atau Pura Trans tetap optimistis dapat membukukan laba bersih hingga sebesar Rp 30 miliar hingga akhir tahun nanti. Optimistis tersebut seiring dengan kinerja keuangan perseroan yang mulai pulih di kuartal III-2020.

Direktur Utama Pura Trans Ariel Wibisono mengatakan, operasional perseroan sempat berhenti sehingga kinerja keuangan mengalami penurunan pada kuartal II-2020 akibat dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Tetapi di kuartal III perlahan membaik seiring pengiriman yang mulai kembali berjalan dari sebelumnya sempat tertunda pada kuartal II-2020,” ujar Ariel pada acara Corporate Action, BeritaSatu TV, baru-baru ini.

Ariel menambahkan, pada periode kuartal III juga akan merealisasikan penambahan 25 armada baru untuk meningkatkan operasional perseroan. Pihaknya juga tengah melakukan negosiasi kontrak baru untuk pengangkutan kertas yang diharapkan bisa rampung pada akhir kuartal III.

Dengan berbagai langkah tersebut, Ariel optimistis perseroan masih dapat mencatatkan pertumbuhan sebesar 5%-10% untuk pendapatan dan laba bersihnya hingga akhir tahun ini.

“Perkiraan target antara 5%-10%, di pendapatan cukup optimis sampai Rp 100 miliar, laba bersih kita mungkin ada kenaikan 5-10% dibanding 2019, mungkin sekitar Rp 25- Rp 30 miliar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ariel mengatakan, pihaknya juga tengah fokus untuk pengembangan digitalisasi sistem penunjang antara manajemen dengan mitra pengemudi. Hal tersebut dilakukan agar tercipta digitalisasi sistem yang terintegrasi antara manajemen, marketing, hingga mitra pengemudi.

Emiten sektor transportasi ini, melakukan pelatihan dan peningkatan kompetensi mitra pengemudi pada saat operasional perusahaan berhenti karena awal penerapan PSBB di bulan Maret lalu. Ariel mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga lebih siap untuk lebih produktif meski ditengah pandemi.

Untuk pengembangan tahap pertama, Ariel mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk pengembangan modul sistem tersebut. “ Sistem IT yang nantinya semua akan digitalisasi. Kedepan tetap akan berinovasi dan melakukan perluasan pasar,” jelasnya.

Hingga semester I-2020, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 57,98 miliar atau naik 125,69% dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 25,69 miliar. Laba bersih tahun berjalan tercatat sebanyak Rp 45,3 miliar meningkat 479% dari sebelumnya sebesar Rp 782,5 juta.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN