Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kota Delta Mas. Foto: IST

Kota Delta Mas. Foto: IST

Puradelta Bidik Pra Penjualan Rp 2 Triliun

Rabu, 17 Februari 2021 | 17:19 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Pengembang kawasan perkotaan terpadu modern Kota Deltamas, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) menargetkan pendapatan pra penjualan (marketing sales) senilai Rp 2 triliun pada tahun 2021. Nilai tersebut sama dengan target marketing sales tahun 2020.

Direktur Puradelta Lestari Tondy Suwanto menuturkan bahwa target marketing sales tersebut akan ditopang oleh penjualan lahan industri. “Kami melihat bahwa potensi penjualan lahan industri tetap baik di tahun 2021, seiring dengan permintaan lahan industri yang masih tinggi walaupun masa pandemi belum berakhir. Oleh karenanya, target marketing sales sebesar Rp 2 triliun realistis untuk dicapai,” kata Tondy dalam keterangan resminya, Rabu (17/2).

Potensi pasar yang besar, berkembangnya infrastruktur, dan meningkatnya kemudahan berinvestasi, menurut Tondy, menjadi daya tarik Indonesia bagi investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini menjadi hal yang positif bagi usaha pengembang kawasan industri secara umum, termasuk perseroan.

“Pada awal tahun 2021 ini, masih ada permintaan lahan industri yang cukup tinggi, terutama dari sektor otomotif dan data center,” jelas Tondy.

Pada tahun 2020, Puradelta Lestari telah menarik berbagai pelanggan industri berkelas dunia, termasuk dari sektor industri pangan, pergudangan, otomotif, hingga data center, dan menjadi pemimpin pangsa pasar untuk usaha pengembang kawasan industri.

“Dengan tren positif ini, kami berharap dapat mempertahankan keunggulan sebagai pengembang dan pengelola kawasan industri terdepan dan terpercaya di Indonesia,” ungkap Tondy.

Di samping pengembangan kawasan industri, Puradelta Lestari juga terus melanjutkan pengembangan kawasan hunian dan komersialnya dengan meluncurkan produk-produk hunian di tahun 2021 dan juga melengkapi fasilitas-fasilitas komersial untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya. “Ke depannya, akan hadir fasilitas-fasilitas yang memanjakan penghuni di Kota Deltamas, termasuk diantaranya pusat perbelanjaan, rumah sakit, serta fasilitas komersial lainnya yang menunjang gaya hidup modern yang dinamis di kawasan Kota Deltamas,” ujar Tondy.

Perseroan, sambung dia, akan terus melanjutkan pembangunan di kawasan Kota Deltamas untuk menjadi pusat aktivitas dan one-stop-living city di area timur Jakarta sesuai dengan visi dan misi perseroan.

Sementara itu, hingga kuartal III-2020, perseroan meraih marketing sales sebesar Rp 1,38 triliun. Pencapaian ini setara dengan 69% dari target marketing sales sepanjang tahun 2020 sebesar Rp 2 triliun. DMAS merupakan salah satu emiten pengembang yang tidak merevisi target marketing sales tahun ini walau perekonomian terdampak pandemi.

Menurut Tondy, permintaan tanah industri yang tinggi dan proses negosiasi intensif dengan calon pembeli merupakan penyemangat bagi perseroan untuk mencapai target yang ditetapkan pada awal tahun tersebut.

Dia merinci, hasil marketing sales di kuartal III-2020 tersebut utamanya disokong dari penjualan lahan industri sebesar 67,7 hektare (ha). Lebih lanjut, DMAS berhasil menjual 17,1 ha lahan industrinya, setelah pada semester I sudah menjual sekitar 50,6 ha lahan industri pada kuartal III-2020. Pada akhir September 2020 juga masih ada permintaan sebesar 120 ha.

Sedangkan pendapatan usaha tercatat sebesar Rp 654,99 miliar, turun 48,42% secara tahunan (yoy) dari Rp 1,27 triliun. Begitu juga dengan laba bersih alias laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp 302,45 miliar, turun 60,16% yoy dari Rp 759,1 miliar di kuartal III-2019.

Adapun, pemegang saham mayoritas dan pengendali dari PT Puradelta Lestari Tbk adalah PT Sumber Arusmulia (57,28%), yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land, dan Sojitz Corporation (25,00%), perusahaan general trading dari Jepang dengan jaringan di lebih dari 50 negara di dunia.

 

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN