Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor melihat pergerakan harga saham, di Jakarta.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Investor melihat pergerakan harga saham, di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Reli IHSG Bisa Lanjut, tapi Rawan Profit Taking

Minggu, 29 November 2020 | 09:22 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan depan masih berpotensi melanjutkan reli penguatan, tetapi rawan aksi ambil untung (profit taking). IHSG diperkirakan bergerak dengan support di level 5,669 sampai 5,427 dan resistance di level 5,800 sampai 5,900.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kepercayaan investor asing terhadap prospek ekonomi Indonesia meningkat. IMF telah mengakui dari kelompok G-20 pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 adalah yang terbaik kedua setelah Tiongkok.

Data menunjukkan sejak 1 Oktober 2020 ada aliran dana gabungan senilai US$ 48 miliar masuk ke sembilan bursa saham. Kesembilan bursa itu adalah Jepang, India, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

"Optimisme investor ritel di tambah aliran dana asing membuat IHSG terlihat menguat dari awal Oktober sampai saat ini," katanya.

Beberapa sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ke 1 Desember 2020 adalah:

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee. Foto: Beritasatu TV
Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee Foto: Beritasatu TV

1. Proses transisi pemerintahan AS dari Presiden AS Donald Trump ke presiden terpilih Joe Biden sepertinya tidak akan banyak hambatan, apalagi Trump mengatakan jika Electoral College memilih Biden, dia akan meninggalkan Gedung Putih.

Kepala General Services Administration, Emily Murphy mengatakan pemerintahan Trump menyediakan sumber daya federal untuk transisi Presiden terpilih Joe Biden menuju Gedung Putih.

2. Sentimen vaksin akan mendukung reli saham menyusul keberhasilan uji coba vaksin produk Pfizer dan BioNTech dengan efektivitas 95%, Moderna 94,5%. Kemudian disusul AstraZaneca dan Oxford asal Inggris yang merilis keberhasilan membuat vaksin dengan tingkat efektivitas 70%

3. Vaksin AstraZeneca dan Oxford diperkirakan berbiaya murah. Tetapi vaksin AstraZeneca ini menghadapi tantangan setelah perusahaan merevisi efektivitas vaksinnya dari 90 % menjadi 70%, sehingga banyak kritikan soal keamanannya.

4. Rilis risalah Rapat Dewan Gubernur bank sentral Amerika (Federal Reserve/Fed) yang dilaksanakan pada bulan Oktober menunjukkan adanya diskusi mengenai bagaimana caranya untuk menambah kebijakan moneter akomodatif dalam rangka membantu proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid 19.

5. Presiden terpilih Joe Biden mempunyai pekerjaan berat memilih menteri yang akan membantunya “memulihkan Amerika secara global. Pencalonan mantan Kepala Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan mendapat apresiasi positif dari pasar dan meningkatkan harapan stimulus fiskal besar.

6. Peningkatan kasus Covid 19 di Amerika Serikat yang mendorong pembatasan bisnis di sejumlah wilayah dikhawatirkan akan menghambat proses pemulihan ekonomi.

Data dari Departemen Tenaga Kerja AS pada minggu lalu terjadi penambahan jumlah orang yang mengajukan klaim pengangguran sebanyak 778,000 naik dari minggu sebelumnya 742,000. Data ini lebih tinggi dari konsensus ekonom yang di survei Dow Jones dengan penambahan 733,000 klaim baru.

7. Survei oleh Komisi Eropa menunjukkan sentimen ekonomi zona euro turun pada bulan November. Penurunan ini merupakan yang pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir akibat gelombang kedua COVID-19 yang melanda benua Eropa. Peningkatan kasus Covid 19 diikuti pembatasan bisnis menjadi sentimen negatif di pasar saham.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN