Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RPUST) PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) Kamis (17/6/2021), di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta. (Prisma Ardianto/Investor Daily)

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RPUST) PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) Kamis (17/6/2021), di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta. (Prisma Ardianto/Investor Daily)

TAK ADA ISU NEGATIF

Rivan Dapat Tugas Baru, KB Bukopin Rombak Jajaran Manajemen

Kamis, 17 Juni 2021 | 20:20 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) menyetujui perombakan jajaran manajemen. Posisi direktur utama (dirut) yang tadinya ditempati Rivan kini diisi Chang Su Choi asal Korea Selatan (Korsel).

Rivan hadir di RUPST itu dan memberikan pernyataan perpisahan. Dia menegaskan, penugasannya di KB Bukopin telah usai, karena dia mendapatkan penugasan baru sebagai direktur utama PT Jasa Raharja. Itu artinya, tidak ada isu apapun terkait pergantian direksi dan komisaris KB Bukopin.

Dia menyatakan, transformasi yang telah dilakukan selama ini sudah berjalan dengan baik. Bahkan, manajemen baru dengan dirut langsung dari Korsel, merupakan seorang yang sangat berpengalaman di bidang perbankan, yakni Chang Su Choi. Pria ini sebelumnya menjabat komisaris di emiten bersandi saham BBKP itu.

Jadi, dia menuturkan, dirut KB Bukopin saat ini bukanlah orang baru di jajaran manajemen perseroan. Perubahan ini merupakan estafet yang sangat baik, mengingat Chang dengan segala pengalaman dan kemampuannya akan lebih baik dalam mentransfer pengetahuan. Apalagi, dia didampingi bankir berpengalaman, Robby Mondong.

“Pak Robby bukanlah orang baru di bidang perbankan. Dia telah berpengalaman di bidang ini dan pernah menjabat di SMI dan kita tahu, transformasi yang kita lakukan juga terfokus pada SMI, terhadap ritel yang terdapat consumer di dalamnya. Jadi, masuknya Pak Robby ke KB Bukopin merupakan salah satu keahliannya dalam mengelola perbankan yang sangat baik,” kata dia, seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (17/6/2021).

Sementara itu, Jong Hwan Han mengakhiri masa tugasnya di KB Bukopin. Sebab, selama ini, dia bertugas di KB Bukopin atas dasar penugasan induk perseroan, KB Kookmin. Artinya, ketika penugasannya berakhir, dia akan kembali ke KB Kookmin di Korea Selatan.

Rivan memastikan, tidak ada isu apapun yang sedang terjadi. Perubahan ini hanya pergantian biasa, karena penugasan beberapa orang sudah selesai. Bahkan, transformasi KB Bukopin didukung orang-orang yang jauh lebih hebat. Contohnya, dirut KB Bukopin saat ini merupakan orang yang sangat mengenal Indonesia. Chang selama ini mampu berhubungan dengan sangat baik ke regulator dan seluruh karyawan KB Bukopin.

RUPST KB Bukopin menyetujui komposisi manajemen tahun buku 2021–2023. Periciannya, Komisaris Utama Independen Bo Youl Oh, Wakil Komisaris Utama Independen Sapto Amal Damandari, Komisaris Susiwijono, Komisaris Nam Hoon Cho, Komisaris Nanang Supriyatno, Komisaris Independen Hae Wang Lee, .Komisaris Independen Tippy Joesoef, Komisaris Independen Stephen Liestyo, efektif sejak ditetapkan oleh perseroan setelah diperolehnya persetujuan kemampuan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, Direktur Utama KB Bukopin Chang Su Choi, Wakil Direktur Utama Roby Mondong, Direktur Hari Wurianto, Direktur Helmi Fakhrudin, Direktur Dodi Widjajanto, Direktur Ji Kyu Jang, Direktur Shin Seng Hyup, Direktur Yohanes Suhardi, dan Direktur Iwan Dharmawan.

Keputusan ini efektif sejak ditetapkan oleh perseroan setelah diperolehnya persetujuan kemampuan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan.

RUPST ini mengusulkan tujuh agenda untuk dimintakan persetujuan pemegang saham dan dipimpin oleh Sapto Amal Damandari selaku wakil komisaris utama independen KB Bukopin. Selain perombakan direksi, RUPST menyetujui menyetujui aksi korporasi dalam rangka memperkuat struktul modal. Sama seperti aksi korporasi yang pernah dilakukan, perseroan akan kembali melaksanakan penawaran umum terbatas untuk memperoleh tambahan dana untuk perkuat modal dan dapat tumbuh berkelanjutan.

Agenda lainnya RUPST adalah persetujuan atas laporan tahunan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2020 dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada dewan komisaris dan direksi Perseroan atas tindakan pengawasan dan pengurusan yang telah dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2020. Selain itu, perseroan melaporkan kepada para pemegang saham atas realisasi penggunaan dana hasil dari penawaran umum terbatas V.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN