Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kapal PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Foto: Perseroan

Ilustrasi kapal PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Foto: Perseroan

Sebelum IPO, ASDP Indonesia Ferry Ambil Alih Dulu Operator Penyeberangan Swasta

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:31 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) masih dalam proses melakukan akuisisi terhadap PT Jembatan Nusantara yang merupakan operator angkutan penyeberangan swasta.

Adapun langkah akusisi dilakukan ASDP sebelum merealisasikan rencana penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) yang ditargetkan pada kuartal III-2022.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin saat dikonfirmasi mengenai progres akuisisi PT Jembatan Nusantara menyatakan bahwa proses tersebut masih berjalan. “Prosesnya masih berjalan. Ditunggu update-nya ya,” terang Shelvy kepada Investor Daily, Jumat (21/1).

Baca juga: ASDP Optimistis Bakauheni Harbour City Dongkrak Bisnis Inti

Sebelumnya, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menjelaskan, terkait IPO, dari sisi ASDP memang menargetkan pada kuartal III-2022.

"Kami tugas terbesarnya persiapan readiness-nya. Prosesnya panjang, kita sudah engage konsultan dunia yang biasanya membantu perusahaan IPO supaya proses sesuai dengan standar dunia. Kemudian yang sekarang prosesnya di kementerian secara umum akan mengeluarkan daftar dan rekomendasikan itu kepada otoritas yang berwenang. Itu prosesnya yang ada di Kementerian BUMN," papar Ira pada bulan lalu.

Selain itu, ASDP juga sedang merealisasikan akuisisi terhadap perusahaan pelayaran swasta, yakni Jembatan Nusantara. Ira menuturkan, proses akuisisi tersebut memasuki tahap finalisasi.

Baca juga: Hingga November 2021, ASDP Bukukan Laba Rp 303 Miliar 

Menurut Ira, akuisisi ini selain dalam rangka ekspansi bisnis, juga untuk meningkatkan pelayanan serta keselamatan. Pasalnya, dengan mengakusisi Jembatan Nusantara, ASDP juga sekaligus dapat menambah jumlah armadanya dari sebelumnya dimiliki perusahaan penyeberangan itu.

"Kita kurang lebih ada 190 rute dan 70% adalah rute perintis. Itu artinya orientasi pelayanan bukan profit. Kalau 70% perintis 30% komersial, itu yang membantu lintasan perintisnya berjalan dengan baik. Kita berharap keberlanjutan pelayanan kita di lintasan ini lebih terjamin," jelas dia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN