Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama SIG, Donny Arsal pada acara peresmian area konservasi dan penebaran ikan bilih ke habitat aslinya di Danau Singkarak, Sumatra Barat.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal pada acara peresmian area konservasi dan penebaran ikan bilih ke habitat aslinya di Danau Singkarak, Sumatra Barat.

Semen Padang, Anak Usaha SIG (SMGR) Lepas Ribuan Ikan Bilih ke Habitat Aslinya

Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:28 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG melepas 7.000 ikan bilih hasil pembudidayaan di area konservasi  Kehati PT Semen Padang ke habitat aslinya yaitu Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Pelepasan ikan bilih dilakukan dua kali, sebanyak 4.000 ekor telah dilepaskan pada Maret 2022 dan 3.000 ekor ikan bilih dilepaskan pada akhir pekan lalu.

Ikan Bilih merupakan ikan endemik khas Danau Singkarak yang terancam punah. Populasinya saat ini sangat terbatas akibat eksplorasi besar-besaran menggunakan metode yang sangat merugikan masyarakat.

Baca juga: Semen Indonesia (SMGR) Bagikan Dividen Rp 1,02 Triliun

PT Semen Padang menjadi yang pertama berhasil mengembangbiakkan diluar habitat asli ikan bilih dengan menggunakan beberapa teknologi yakni alami, semi alami dan buatan. Pengembangbiakan dilakukan di laboratorium penelitian di area D1 PT Semen Padang.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan bahwa Ikan bilih ini merupakan hasil konservasi yang dilakukan oleh PT Semen Padang bekerja sama dengan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta (UBH) di Area Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) milik PT Semen Padang sejak Juli 2018.

Baca juga: Kinerja Sesuai Ekspektasi, Begini Target Harga Saham Semen Indonesia (SMGR)

“Konservasi ikan bilih ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, khususnya ikan bilih Danau Singkarak jenis Mystacoleucus Padangensis dan satu-satunya di dunia yang terancam punah akibat ekploitasi,” kata Donny dalam keterangan resmi, Selasa (2/8/2022).

Donny menyampaikan, konservasi yang dilakukan cukup efektif dalam menjaga kelestarian ikan bilih, namun kami berharap konservasi ikan bilih yang dilakukan perusahaan diimbangi dengan pembatasan penggunaan bagan dan sebagainya.

“Melihat tingkat keberhasilan yang tinggi, upaya konservasi ini perlu ditingkatkan dalam skala yang lebih besar lagi serta dapat menjadi edukasi bagi masyarakat tentang pembudidayaan ikan bilih di luar habitatnya,” katanya.

 

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com