Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge). Foto: Perseroan.

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge). Foto: Perseroan.

Surge (WIFI) Gandeng Bank Negara Indonesia (BBNI) Salurkan KUR Bagi UMKM 

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:51 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menghadirkan fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan adanya kerjasama ini, Mitra UMKM dan mitra warung dapat mengakses pembiayaan dengan suku bunga sangat rendah yakni 6% per tahun, dengan tenor hingga 3 tahun. 

Chief Executive Officer (CEO) Surge Hermansjah Haryono mengatakan, pihaknya berharap program ini bisa mendorong jutaan bisnis mitra UMKM dan mitra warung untuk naik kelas. Selain itu, program ini juga bisa membangkitkan gairah ekonomi mikro di seluruh Pulau Jawa.

Adapun Surge melalui entitas anak usahanya, PT Jaringan Logistik Indonesia (JLI) telah mengelola puluhan gudang Koperasi Unit Desa (KUD). Hanya dalam waktu tujuh bulan beroperasi, Surge telah memiliki lebih dari 22 ribu mitra, baik UMKM maupun mitra warung yang menjual kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dengan harga yang terjangkau. 

Baca juga: Gandeng Mitsui, Anak Usaha Surge Jajaki Kerja Sama Pembangunan Serat Optik

"Kerjasama ini tentunya akan mendorong kinerja pendapatan Surge karena berkembangnya aktivitas dan volume transaksi UMKM yang menjadi mitra Surge," jelas Hermansjah dalam keterangan resmi, Selasa (18/1).

Hermansjah menjelaskan, sejak awal tahun 2021, Surge mendorong ekonomi mikro di daerah dengan program konsinyasi bersama ribuan UMKM dan mitra warung di daerah. Melalui program itu, mitra UMKM dan mitra warung dapat membeli stok barang-barang pokok sehari-hari melalui Linistore dengan harga yang sangat kompetitif. 

Melalui fasilitas pembiayaan melalui program KUR BNI, mitra UMKM dan mitra warung akan lebih mudah memperbesar skala bisnis usaha mereka. 

"Bersama BNI dan beberapa bank lainnya, kami menargetkan lebih dari 5 juta mitra UMKM dan mitra warung yang dapat mengakses fasilitas pinjaman murah ini dan memajukan perekonomian di daerah lewat teknologi," jelas Hermansjah.

Baca juga: Anak Usaha Surge, Weave Resmi Raih Pembiayaan Kredit Rp 256,5 Miliar

Untuk dapat mengakses fasilitas ini, mitra UMKM dan mitra warung harus sudah terdaftar dan bertransaksi terlebih dahulu pada aplikasi marketplace distributor dari Surge, Linistore. Surge juga membuka kesempatan untuk UMKM dan warung, baik yang usahanya baru saja berjalan hingga usaha yang telah berjalan untuk bergabung menjadi mitra. Surge akan mengkurasi mitra UMKM dan mitra warung berdasarkan data penjualan harian serta memberikan rekomendasi tersebut kepada BNI untuk proses kredit yang diajukan oleh mitra warung.

Adapun program pembiayaan Surge merupakan kelanjutan kerjasama Surge melalui entitas anak usahanya Jaringan Logistik Indonesia bersama Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) pada awal 2021 dalam mengembangkan potensi ekonomi mikro di daerah. Kerjasama ini mendorong integrasi gudang-gudang KUD untuk dimanfaatkan sebagai solusi lengkap secara end-to-end bagi mitra UMKM, mitra warung dan lainnya. Gudang-gudang ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan dan distribusi stok barang pokok melalui program konsinyasi pada marketplace Linistore.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN