Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tambah Investasi 44% Astra Siap Menggebrak

Kamis, 6 Oktober 2011 | 10:45 WIB
Antara

JAKARTA- PT Astra International Tbk., (ASII) pada 2012 akan semakin menggiatkan kegiatan bisnisnya di semua lini, mulai dari sektor otomotif hingga keuangan.

Hal itu diungkapkan Direktur Astra International, Gunawan Geniusahardja, di Jakarta, Kamis (6/10), terkait dengan rencana bisnis perseroan tahun depan.

Untuk peningkatan kegiatan bisnis itu, menurut Gunawan, perseroan akan meningkatkan belanja modal (capex) sebesar 44,44% menjadi US$1,5 miliar, atau setara Rp13,432 triliun.

"Investasi besar ini untuk pengembangan lini bisnis perseroan mulai dari otomotif hingga bisnis keuangan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dana sebesar itu tidak hanya berasal dari kas internal, tapi juga mendapatkan pinjaman perbankan. "Dananya sebagian besar dari kas internal serta pinjaman perbankan," ungkap Gunawan.

Dari belanja modal sebesar itu, porsi terbesar sekitar 40 persen diserap untuk pembangunan infrastruktur, seperti pembangkit listrik di Kalimantan Timur dan jalan tol. Sisanya dialokasikan untuk lini bisnis perseroan.

Hingga saat ini Astra International menggarap enam sektor, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, teknologi informasi, serta infrastruktur, dan mata rantai logistik.

Tahun ini, Astra International juga menambah pabrik otomotif baru untuk Astra Daihatsu Motor (ADM) di kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik baru ini dapat mendorong pasokan komponen ke sektor hulu.

"Di lahan seluas 81 hektare diharapkan pabrik bisa menjadi baik untuk segi kualitas, produktivitas serta kenyamanan," ujar Direktur Utama Astra Daihatsu Motor, Sudirman MR, beberapa waktu lalu.

Sudirman berharap pabrik baru ini dapat menjadi tempat untuk alih teknologi dari Jepang ke Indonesia.

Pabrik ini juga diharapkan mampu meningkatkan produksi sejalan dengan permintaan kendaraan bermotor yang akan terus mengalami peningkatan.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN