Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bitcoin. Foto ilustrasi: IST

Bitcoin. Foto ilustrasi: IST

Waduh, Tesla Akan Stop Terima Bitcoin dengan Alasan Lingkungan

Kamis, 13 Mei 2021 | 08:06 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id - CEO Tesla Elon Musk mengatakan Rabu (12/5/2021) di Twitter bahwa Tesla telah "menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan bitcoin," karena kekhawatiran atas "penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat pesat untuk penambangan bitcoin."

Harga bitcoin turun sekitar 5% dalam beberapa menit pertama setelah pengumuman Musk.

Dalam pengarsipan SEC pada bulan Februari, Tesla mengungkapkan bahwa ia membeli bitcoin senilai $ 1,5 miliar dan dapat berinvestasi di lebih banyak bitcoin atau mata uang kripto lainnya di masa depan. Saat itu, perusahaan menyatakan akan mulai menerima bitcoin sebagai metode pembayaran untuk produknya.

Dukungan untuk cryptocurrency dari Tesla berkontribusi pada harga cryptocurrency, termasuk bitcoin dan dogecoin, yang meroket dalam beberapa bulan terakhir.

Berikut adalah pengumuman lengkap Musk:

“Tesla telah menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin. Kami prihatin dengan peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang memiliki emisi terburuk dari bahan bakar apa pun. Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak dapat merugikan lingkungan. Tesla tidak akan menjual Bitcoin apa pun dan kami bermaksud menggunakannya untuk transaksi segera setelah transisi penambangan ke energi yang lebih berkelanjutan. Kami juga melihat mata uang kripto lain yang menggunakan <1% energi / transaksi Bitcoin. "

Sebelumnya, investor arus utama dan beberapa pembeli korporat termasuk Tesla, Square, Metromile dan Nexon telah berbondong-bondong ke bitcoin, memandang mata uang digital sebagai lindung nilai inflasi potensial sementara bank sentral mencetak uang untuk meringankan ekonomi yang tertekan virus corona.

Bank-bank besar Wall Street seperti Goldman Sachs dan Morgan Stanley juga berusaha memberikan eksposur bitcoin kepada klien kaya mereka.

Tetapi beberapa investor, seperti pendiri Softbank, Masayoshi Son, masih belum percaya pada kegilaan crypto. “Ada banyak diskusi tentang apakah itu hal yang baik atau buruk, apa nilai sebenarnya atau dalam gelembung. Sejujurnya, saya tidak tahu, "kata Son pada konferensi pendapatan baru-baru ini.

Tesla Tidak Terima Bitcoin

Sementara Tesla mengatakan tidak akan menerima bitcoin untuk pembelian kendaraan pada hari Rabu. Elon Musk menetapkan bahwa Tesla berencana untuk menahan daripada menjual bitcoin yang sudah dimilikinya, dan akan mencari cryptocurrency lain yang membutuhkan lebih sedikit energi untuk transaksi.

Selama kuartal pertama 2021, Tesla membeli "aset digital" senilai $ 1,5 miliar, lalu menjual senilai $ 272 juta. Menurut pengajuan keuangan dari Tesla pada 26 April, keuntungan dari penjualan bitcoin secara khusus memungkinkan perusahaan untuk mencetak "dampak positif" senilai $ 101 juta terhadap profitabilitas.

Musk telah menjadi penggemar bitcoin dan dogecoin yang sangat publik, men-tweet dan bercanda tentang ini dengan jutaan pengikut Twitternya selama setahun terakhir.

Akhir pekan lalu, ketua Tesla membuat debutnya sebagai pembawa acara di "Saturday Night Live" dan mengabdikan sebagian dari monolog pembukaannya dan satu sketsa untuk membicarakan dogecoin. Alih-alih membantu menaikkan harga token yang terinspirasi meme, dogecoin sebenarnya merosot 30% selama satu jam saat Musk menjadi tuan rumah SNL.

Selama aksi jual yang heboh pada saat itu, platform perdagangan populer Robinhood mengalami pemadaman dalam perdagangan crypto-nya.

Menyusul pengumuman Musk pada hari Kamis, pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban mengatakan bahwa timnya akan terus menerima bitcoin dan mata uang kripto lainnya karena "kami tahu bahwa mengganti Emas sebagai penyimpan nilai akan membantu lingkungan."

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN