Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu proyek Wijaya Karya. Foto: BeritaSatu Photo/Ruht Semiono

Salah satu proyek Wijaya Karya. Foto: BeritaSatu Photo/Ruht Semiono

Wijaya Karya Raih Penghargaan Corporate Secretary Champion 2021

Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:07 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) meraih penghargaan Corporate Secretary Champion 2021 versi majalah Swa. Mahendra Vijaya, Corporate Secretary Wijaya Karya mengatakan, corsec WIKA berada langsung di bawah direktur utama. Di unit sekretariat perusahaan ini ada tiga departemen yakni Corporate Relations yang membawahi GCG dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)/CSR, Investor Relations, dan Corporate Affairs yang membawahi Corporate Communication dan Corporate Affair. Total tim corsec di WIKA sekitar 27 orang.

“Di WIKA, kinerja corsec dinilai menggunakan Key Performance Index seperti kinerja PKBL, media relation, kinerja keuangan dan pasar, kinerja kepemimpinan dan tata kelola, dan lainnya. Kami juga melakukan analisa SWOT untuk bisa menilai positioning corsec WIKA seperti apa. Fungsi dan sasaran kami adalah WIKA sebagai Good Corporate Citizen dengan nilai GCG sebesar 94,825. Nilai ini yang tertinggi dari seluruh BUMN Karya, mngoptimalkan corporate values, AKHLAK, serta Concern to Service Excellence,” jelas Mahendra, dikutip Jumat (29/10).

Selain Wijaya Karya, ada sembilan perusahaan pemenang Corporate Secretary Champion 2021 lainnya yakni PT Astra Graphia Tbk , PT Bank Mega, Tbk, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT Bank OCBC NISP, Tbk, PT lndocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Dapur Awan Yumindo (Yummy Corp) dan TPK Koja.

Sementara itu, menurut Juri Corporate Secretary Champion 2021 Elvyn G.Massasya, corsec perlu menyiapkan diri untuk bagaimana berkontribusi mengembangkan perusahaan. Selain itu, corsec adalah orang yang memiliki akses untuk berhubungan dengan stakeholders, sehingga peluangnya untuk menjadi direktur sangat besar bahkan direktur utama.

Menurut Elvyn, ada tiga kompetensi mutlak yang harus dimiliki oleh corsec. Pertama, bidang keuangan yang wajib dimiliki karena terkait dengan pelaporan keuangan perusahaan kepada publik. Kedua legal (hukum) dan ketiga komunikasi. Tentu di dalam hal itu ada skill-skill lain yang harus dimiliki sebagai nilai tambah.

Dia menyebut, fungsi dan peran corsec yang umum ada dua yaitu managing corporation dan managing stakeholders. Dua hal tersebut bisa dibagi menjadi lima peran, memiliki peran di investor relation, government relation, corporate relation, corporate social responsibility dan managing crisis. Namun,  di berbagai perusahaan perhatian terhadap kelima peran ini berbeda-beda. Perusahaan yang sudah publik umumnya melakukan kelima hal tersebut secara baik. “Akan tetapi,  di perusahaan non publik khususnya di aspek investor relation dan Good Corporate Governance masih perlu dioptimalkan,” ucapnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN