Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi metaverse. (Nurudeen Alidu/Pixabay)

Ilustrasi metaverse. (Nurudeen Alidu/Pixabay)

WIR Asia (WIRG) Beraksi di World Economic Forum, Ternyata Ini sudah Ketiga Kalinya

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:15 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten teknologi terkini, PT WIR Asia Tbk (WIRG) ternyata sudah tiga kali berpartisipasi di ajang World Economic Forum (WEF). Kali ini di Davos, Swiss, 23-26 Mei 2022, WIR Asia kembali beraksi. Apa yang mereka lakukan?

WIR Asia menghadirkan purwarupa aplikasi teknologi metaverse untuk sektor pendidikan. Tak hanya menghadirkan virtual reality (VR) experience, tapi juga augmented reality (AR) experience.

Advertisement

Direktur Utama WIR Asia Michel Budi mengatakan, ke depan, perseroan akan melibatkan teknologi artificial intelligence (AI) yang akan menjadi bagian dalam platform metaverse yang sedang dibangun WIRG. Ia berharap, hadirnya sektor pendidikan Indonesia dalam metaverse nantinya mampu menunjukkan kepada dunia mengenai kemajuan pengembangan teknologi digital di Indonesia.

Baca juga: Grup Salim Gandeng WIR Asia (WIRG) Garap Platform Metaverse

Sebelumnya, WIRG juga ikut berpartisipasi dalam forum tahunan tersebut, yaitu WEF 2019 dan 2020. Pada kesempatan ini, WIRG kembali berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Kami merasa terhormat kembali dipercaya mengisi Indonesia Pavilion di ajang WEF 2022 untuk menunjukkan kepada dunia mengenai Indonesia yang modern dengan visi global dan futuristik,” kata Michel dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Menurut dia, kepercayaan tersebut merupakan buah komitmen WIR Group dalam mengembangkan teknologi masa depan berbasis AR, VR, dan AI serta memberikan solusi bagi berbagai klien di dalam dan luar negeri. “Tidak hanya itu, kami juga terus berupaya untuk memastikan adanya integrasi O2O (online to offline) agar terjadi sebuah kesinambungan dampak dan manfaat,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Johnny G Plate menuturkan, WIR Asia hadir di sana sebagai salah satu perusahaan yang menyiapkan dan berhubungan dengan metaverse. Pada waktu bersamaan, pemerintah sedang mempersiapkan dukungan deployment 5G di seluruh Indonesia, saat itulah metaverse diyakini akan tumbuh dan berkembang pesat.

“Kita tidak boleh ketinggalan dan harus mengambil inisiatif. Saya memberikan dorongan dan dukungan untuk membangun metaverse bisnis yang lebih kuat di Indonesia,” ujar Johnny.

Sementara itu, Michel menambahkan, pihaknya akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan menunjukkan keunggulan teknologi metaverse yang WIRG kembangkan sebagai karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Menurutnya, hal ini sekaligus menandakan bahwa Indonesia mampu menciptakan peluang dan siap bersaing secara global dalam sektor teknologi tinggi.

Baca juga: Target Harga Saham Fantastis, Se-prospektif Apa WIR Asia (WIRG)?

Pada ajang WEF 2022, WIRG menunjukkan dan mendemonstrasikan purwarupa dunia pendidikan metaverse kepada para delegasi WEF. Michel pun mengapresiasi CAKAP sebagai platform e-learning yang berpikir strategis melalui kolaborasi dengan WIR Group untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pendidikan dua arah. Ia menilai, sistem pembelajaran daring interaktif akan semakin menarik dan memberikan pengalaman baru dengan memanfaatkan teknologi metaverse.

“Kami optimistis, teknologi metaverse bisa membantu pengembangan pendidikan Indonesia dalam menciptakan talenta-talenta berdaya saing global,” ujar Michel. (C02)

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN