Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
avrist

avrist

Avrist AM Incar AUM Rp 1 Triliun dari Produk ETF XAFA

Thereis Kalla, Jumat, 18 Oktober 2019 | 12:34 WIB

JAKARTA – PT Avrist Asset Management (Avram) bersama PT Mandiri Sekuritas meluncurkan reksa dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA). Produk reksa dana XAFA ini ditargetkan dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 1 triliun pada  tahun 2020.

“Target dana kelolaan, sampai akhir tahun ini sebesar Rp 300 miliar. Tahun depan untuk XAFA, targetnya Rp 1 triliun,” ungkap Direktur Avram Jonni Hutabarat di Jakarta, Jumat (18/10).

 Jonni menambahkan Avram membidik total dana kelolaan ( aset under management/ AUM) sebesar Rp 5,6 triliun untuk di tahun ini. “Hingga saat ini AUM Avram telah mencapai Rp 4,9 triliun,” imbuh Jonni.

 Lebih lanjut Direktur Utama Avram Hanif Mantiq menjelaskan sebagian besar AUM Avram ditopang oleh reksa dana pendapatan tetap sebesar Rp 1,5 triliun. “Paling besar underlyingnya yang reksa dana pendapatan tetap sekitar Rp 1,5 triliun, reksa dana terproteksi Rp 1 triliun, reksa dana pasar uang sekitar Rp 1,5 triliun, dan reksa dana saham sebesar Rp 1 triliun,” ungkap Hanif.

 Menurut Hanif dengan penerbitan ETF Fixed Rate Bond ini merupakan salah satu bentuk usaha Avram dalam menyediakan produk yang diharapkan dapat memperbesar basis investor ritel di pasar obligasi. Pasalnya selama ini investor ritel tidak bisa mengakses pasar obligasi karena minimnya dana yang kurang dari Rp 1 miliar.

 “Peluncuran XAFA ini sejalan dengan visi Avram untuk memajukan kehidupan melalui solusi investasi terbaik bagi investor," ujarnya. 

Hanif menambahkan, reksa dana XAFA akan berinvestasi pada FR0081 yaitu SBN dengan jangka waktu 5 tahun. Adapun hal tersebut berdasarkan dengan pertimbangan beberapa hal yaitu pertama, tingginya likuiditas, kedua, risiko pasar rendah karena durasi pendek, ketiga, peringkat kredit yang tinggi (AAA), sehingga memiliki risiko default rendah.

 Sementara itu Ketua Tim Pengelola Investasi Avram Tubagus Farash menuturkan, produk ETF XAFA ini akan memberikan imbal hasil sebesar 6,7%. “Investor akan mendapat pembagian hasil investasi secara berkala setiap 6 bulan serta memiliki kemungkinan capital gain,” kata dia.

 Selain itu Hanif menyatakan Avram juga akan mengejar pertumbuhan 20 ribu investor ritel baru pada 2020. Adapun sampai saat ini jumlah investor ritel di Avram baru mencapai 3000 investor. Hanif optimis target tersebut akan tercapai dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan distribusi transaksi reksa dana.

 “Kita kerja sama dengan berbagai macam platform baik fintech, sekuritas, dan juga coba menambah ke bank distribution. Kalau bank distribution dapet jumlahnya juga akan naik cepat,” kata Hanif.  

 Adapun dalam penerbitan produk reksa dana ETF XAFA ini, Mandiri Sekuritas bertindak sebagai Dealer Partisipan khusus untuk produk Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA). Selain itu, Avram juga bekerjasama dengan PT Bank Mandiri sebagai Bank Kustodian untuk Produk XAFA ini  

 Disisi lain Avram juga berencana akan meluncurkan produk reksa dana pasar uang dengan nilai tukar US$. Hanif menyatakan rencana tersebut sedang dalam proses ke Otoritas Jasa Keuangan terkait dengan produk reksa dana terbaru ini.  “Kami sedang proses di OJK, karena kita melihat reksa dana pasar uang US$ belum disediakan oleh manajer investasi. Targetnya sama, yaitu untuk memperbesar investor ritel,” kata Jonni.

 Sebagai perusahaan Manajer Investasi, Avram merupakan salah satu anak perusahaan PT Avrist Assurance, dengan sepak terjang lebih dari 40 tahun dan jumlah aset sebesar Rp10,2 triliun pada akhir tahun 2018. PT Avrist Assurance adalah perusahaan asuransi jiwa bertaraf internasional yang didukung oleh Meiji Yasuda Life, sebuah perusahaan asuransi jiwa di Jepang yang telah berdiri selama 130 tahun. PT Avrist Assurance juga memiliki anak perusahaan di bidang asuransi umum dan dana pensiun, masing-masing bernama PT Avrist General Insurance dan DPLK Avrist.

 Hingga saat ini, fokus layanan Avram meliputi penawaran solusi keuangan dalam pengelolaan dan konsultasi investasi melalui beragam produk Reksa Dana. Avram telah mengelola sederet produk unggulan yakni Reksa Dana Konvensional, Reksa Dana Syariah, dan Reksa Dana Terproteksi. c05

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA