Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kabasarnas: Badan AirAsia QZ8501 Bisa Saja Diangkat

Rabu, 14 Januari 2015 | 20:08 WIB
ah

JAKARTA - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan badan utama Air Asia QZ8501 telah ditemukan dan bisa saja diangkat ke permukaan jika jenazah korban tidak dapat dievakuasi oleh penyelam.

"Dengan sasaran mencari jenazah korban yang bisa saja terjebak di badan pesawat, kalau kemudian penyelam kesulitan, maka kita angkat body dan sayap pesawat," kata Bambang saat jumpa pers di kantornya, kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu (14/1).

Bambang mengatakan belum dapat memastikan adanya korban terjebak di badan pesawat yang baru saja ditemukan oleh tim SAR gabungan. Alasannya, jarak pandang di dalam laut menjelang penyelaman pada Rabu sangat terbatas seiring terbenamnya matahari.

"Cuaca hari ini cerah di sekitar area evakuasi tapi visibilitas di sana gelap, maka akan dilakukan penyelaman besok pagi (Kamis 15/1) pukul 06.00 WIB," kata dia.

Dia berharap didapatkan informasi secepatnya terkait korban yang terperangkap dalam badan pesawat. "Penyelam besok akan melakukan penyelaman. Semoga besok kita bisa kasih tahu hasil yang kita tunggu," katanya.

Sebagaimana diberitakan, badan pesawat AirAsia QZ8501 telah ditemukan oleh tim SAR gabungan. "Bagian body (badan) pesawat dengan satu sayap pesawat masih menempel ditemukan pada hari ini," kata dia.

Bagian badan itu ditemukan kapal Angkatan Laut Singapura pada pukul 15.05 WIB. Lokasi penemuan itu berjarak 3.000 meter dari penemuan ekor dan 800 meter dari ditemukannya bagian kotak hitam flight data recorder (FDR).

Dia mengonfirmasi badan pesawat berdimensi 30x10x3 meter itu merupakan badan AirAsia QZ8501 sebagaimana tercantum tulisan "Now Every".

Tulisan tersebut merupakan sepotong klausa lengkap dari "Now Everyone Can Fly" yang merupakan "tagline" di badan pesawat milik pengusaha Tony Fernandez itu. (ID/ant/ths)

Editor :

BAGIKAN