Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pasarkan Unit Linked, Commonwealth Life Sasar Nasabah Menengah

Minggu, 12 Juli 2015 | 16:03 WIB
ah

JAKARTA – PT Commonwealth Life menyatakan kontribusi premi dari unit linked mencapai 60-70% terhadap total premi perseroan saat ini. Untuk memasarkan unit linked, dalam 10 tahun ke depan perseroan fokus membidik nasabah segmen menengah atas.

 

Direktur Commonwealth Life Pieter Wattimena mengatakan, perseroan juga menawarkan produk asuransi tradisional selain unit linked. Namun, dia mengakui perolehan total premi bruto (gross written premium/GWP) Commonwealth Life dari produk tradisional masih berkisar 30-40%.

 

"Walaupun tidak semua, premi bruto kami memang masih didominasi oleh unit linked. Sementara itu, kalau dari sisi jalur distribusi (channel distribution), kontribusi dari agen menyumbang GWP sekitar 60-70%," ujar dia kepada Investor Daily di Jakarta, belum lama ini.

 

Mengenai jalur distribusi agen, Pieter mengungkapkan, saat ini perseroan memiliki sekitar 12 ribu agen. Namun dari total agen Commonwealth Life, baru ada sekitar 6.000 agen yang bersertifikasi.

 

Untuk itu, perseroan akan berupaya meningkatkan kualitas agen. Hal ini terkait strategi perusahaan asuransi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Selain jalur keagenan, menurut Pieter, Commonwealth Life menjalin kerja sama dengan sejumlah bank dan perusahaan pembiayaan (multifinance) untuk memasarkan asuransi.

 

Kerja sama itu antara lain dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT BCA Finance (BCA Finance). "Kerja sama ini untuk produk credit life," papar dia.

 

Adapun dalam menjalankan bisnis seperti perusahaan asuransi lainnya, Commonwealth Life pun aktif melakukan kerja sama bancassurance di luar produk credit life. Total agen untuk jalur distribusi bancassurance perseroan sebanyak 100 orang.

 

"Relation manager (RM) bank rekanan sebenarnya diperbolehkan menjual produk kami, selama mereka telah berlisensi. Namun, produk yang boleh dijual RM terbatas pada asuransi tradisional saja. Pasalnya, asuransi unit linked hanya boleh dijual oleh agen yang berasal dari kami," jelas dia.

 

Sementara itu, mengenai visi perusahaan ke depan, Pieter mengungkapkan, pihaknya terus mengembangkan pemasaran (marketing), dan meningkatkan bisnis digital. "Kami juga akan menambah mitra bank. Untuk saat ini, sinergi dengan PT Bank Commonwealth masih mendominasi sekitar 40% untuk jalur distribusi bancassurance," ungkap dia. (dka)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN