Menu
Sign in
@ Contact
Search

BJB Layani e-Samsat Wilayah Polda Metro Jaya

Minggu, 21 Februari 2016 | 06:19 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BANDUNG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) menggulirkan layanan pajak kendaraan Samsat secara online (e-Samsat) di sejumlah wilayah Polda Metro Jaya.

 

"Layanan e-Samsat melalui BJB di Jawa Barat sudah berlangsung lebih dari setahun, dan sekarang layanan itu sudah bisa dilakukan di Bekasi dan Depok yang masuk wilayah Polda Metro Jaya," kata Kepala Dispenda Jabar Dadang Suharto pada penandatangan MoU e-Samsat untuk wilayah Polda Metro Jaya di Menara BJB, Bandung, Jumat (19/2).

 

Untuk layanan terbaru di wilayah Depok dan Bekasi itu, BJB menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jabar PT Jasa Raharja Cabang Jabar, dan Polda Metro Jaya. Sebab, Depok dan Bekasi masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

 

Layanan e-Samsat Jabar ini untuk meningkatkan pelayanan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor seperti pajak kendaraan, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDLLJ), dan registrasi identifikasi kendaraan bermotor. "Layanan itu termasuk pengesahan pajak tahunan di wilayah hukum Polda Metro Jabar melalui ATM BJB," kata Dadang.

 

Menurut dia, e-Samsat terintegrasi dengan satu sistem. Pelayanan Samsat di Jabar didukung oleh 92 sentra pelayanan. Sebanyak 15 titik di antaranya berada di wilayah Polda Metro Jaya, yakni Depok dan Bekasi. "Layanan e-Samsat merupakan jawaban bagi masyarakat pada era teknologi," kata dia seperti dilansir Antara.

 

Dadang juga menyebutkan, potensi pajak kendaraan se-Jabar sangat tinggi. Populasi dan jumlah kendaraan di wilayah Jabar mencapai 14,7 juta unit, termasuk empat juta unit berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. "Nilai pajaknya melampaui Rp 10 triliun. Sekitar Rp 3,8 triliun di antaranya berasal dari wilayah Bekasi dan Depok yang merupakan wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Dadang.

 

Sementara itu Direktur Komersial BJB, Suartini mengatakan sistem baru itu merupakan sebuah inovasi dan yang pertama di Indonesia. "Para wajib pajak kendaraan bermotor di Jabar, termasuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya menjadi lebih mudah membayar pajak. Mereka tidak perlu lagi mendatangi kantor Samsat. Pembayarannya cukup melalui ATM BJB," kata Suartini. (th)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com