Menu
Sign in
@ Contact
Search

Evaluasi Penerapan Sistem Satu Arah

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 15:19 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

PEMERINTAH Kota Depok menerapkan uji coba sistem satu arah untuk memperlancar arus lalu lintas di pusat kota satelit itu. Uji coba penerapan sistem satu arah itu sudah dilakukan sejak 29 Juli 2017 di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Raya, Depok I, selama sebulan atau sampai 29 Agustus 2017.

 

Dengan penerapan jalan satu arah, Jalan Dewi Sartika hanya di­gunakan untuk kendaraan dari arah Jalan Raya Sawangan yang hendak menuju pertigaan Jalan Raya Kartini­Margonda.

 

Satu arahnya dari barat ke timur. Pengendara dari Jalan Raya Kartini dan yang hendak mengarah ke Ja­lan Raya Sawangan akan dialihkan memutar di Jalan Arief Rahman Hakim (ARH) terus menuju Jalan Nusantara, Pancoran Mas.

 

Sedangkan kendaraan dari arah Jalan Kartini yang hendak menuju Jalan Siliwangi atau arah Depok 2, dilakukan rekayasa lalu lintas dengan memutar di putaran sebelum Balai Kota Depok, tidak boleh lagi belok kanan di lampu merah.

 

Setelah hampir sebulan diuji coba, sudah selayaknya Dinas Perhubung­an (Dishub) Kota Depok Jawa Barat melakukan kajian dan analisis terkait uji coba penerapan sistem satu arah (SSA) di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika itu.

 

Analisis mesti dilakukan untuk mengetahui pula dampak penerap­an SSA itu terhadap sejumlah ruas jalan di Kota Depok. Evaluasi mesti mendalam, agar hasilnya bisa untuk memutuskan apalah SSA itu layak diterapkan secara permanen atau tidak.

 

Kami memantau, rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sejumlah titik itu memang telah berhasil mengurangi penumpukan ken­daraan. Misalnya saja rekayasa lalu lintas dari Jalan Raya Kartini menuju Jalan Raya Siliwangi. Namun, mesti dicermati pula, kemacetan sekarang justru sering terjadi di ujung Jalan Raya Siliwangi, tepatnya begitu masuk Jalan Tole Iskandar sampai pertigaan Masjid Al Huda dan jalan seputarannya.

 

Kami sebagai warga Depok men­dukung segala upaya untuk memperlancar arus lalu lintas. Capek dan sebel rasanya menghadapi jalanan yang macet, terutama di hari Sabtu dan Minggu. Maunya belanja atau wisata kuliner di pusat kota, tapi yang didapati justru kemacetan yang parah.

 

Jadi, uji coba penerapan sistem satu arah lalu lintas layak dilakukan untuk evaluasi dan penyempurnaan sebelum diterapkan secara penuh. Semoga saja bisa menggurangi atau mengurai kemacetan.

 

Wahyu Belcas

Depok

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com