Menu
Sign in
@ Contact
Search

Pasien akan Ditangani Berdasarkan Tiga Kategori

Senin, 2 Juli 2018 | 13:15 WIB

Pasien yang datang ke UGD harus melewati triage, yaitu proses penilaian kondisi pasien untuk menentukan tingkat kegawatdaruratan. Pasien akan ditangani berdasarkan tiga kategori triage. Triage 1, yaitu pasien dengan kondisi yang mengancam nyawa atau kehilangan fungsi anggota tubuh dan memerlukan tindakan/intervensi segera (agresif) dengan waktu tunggu 0 menit.


Triage 2 adalah pasien dengan kondisi yang tidak mengancam jiwa, tetapi memiliki potensi ancaman terhadap fungsi anggota tubuh dan memerlukan tindakan/intervensi medis yang cepat dengan waktu tunggu 0-5 menit.


Kemudian, triage 3 adalah pasien dengan kondisi akut, tetapi tidak mendesak (stabil), tidak ada potensi untuk mengalami perburukan, dan tidak memerlukan tindakan/intervensi medis segera dengan waktu tunggu 5-15 menit. Pasien yang digolongkan ke dalam kategori triage 1 dan 2 akan ditangani di UGD, sedangkan pasien dengan kategori triage 3 akan diarahkan ke poliklinik untuk layanan kesehatan lanjutan.


Tim dokter yang tergabung dalam UGD SHKJ telah tersertifikasi dengan Advanced Cardiovascular Life Support (ACLS) dan Advanced Trauma Life Support (ATLS).


Selain itu, seluruh tim UGD SHKJ juga tersertifikasi pelatihan Emergency Medical TechnicianParamedic, Advanced dan Fundamental untuk memastikan dokter dan perawat siap melakukan tindakan pada kasus kegawatdaruratan secara tepat, cepat dan aman baik di area pra-rumah sakit, selama perjalanan dengan ambulan maupun di ruangan gawat darurat rumah sakit.


SHKJ merupakan rumah sakit yang berlokasi di Jakarta Barat, di sisi jalan tol Jakarta–Merak. Kini, SHKJ mengoperasikan rumah sakit modern dengan berbagai macam pelayanan klinis yang komprehensif dan beberapa pusat keunggulan yaitu jantung, orthopaedi, Unit Gawat Darurat (UGD), pencernaan, urologi, anak, dan saraf.


SHKJ juga telah meraih Grand Winner Asian Patient Safety Award dengan kategori Innovation in Safety Communication di India pada 5 September 2014 dan terakreditasi Joint Commission International (JCI) pada 13 Agustus 2016. Terakhir, SHKJ sudah lulus akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan peringkat kelulusan Paripurna pada 18 Juli 2017. (*)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com