Menu
Sign in
@ Contact
Search

Penentuan Kegawatdaruratan Pasien dengan Sistem Triage

Senin, 2 Juli 2018 | 13:18 WIB

Unit Gawat Darurat (UGD) merupakan gerbang utama rumah sakit yang selama 24 jam dapat melayani pasien. Apabila terjadi peningkatan drastis pada jumlah pasien melalui unit ini, maka akan terjadi kepadatan (overcrowding) di UGD, sehingga diperlukan metode pelayanan untuk menentukan kategori pasien yang menjadi prioritas sejak awal kedatangan.


Ketepatan dalam menentukan prioritas pasien, membantu menjaga kualitas pelayanan agar dapat fokus menangani kasus yang benar-benar gawat atau tidak sadarkan diri, serta mengalihkan kasus yang tidak gawat atau lebih ringan ke fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai.


“Kecelakaan/trauma dapat terjadi kapan pun, dimana pun, dan kepada siapa pun. Trauma merupakan penyebab kematian terbesar, terutama pada usia muda. Diperkirakan kasus kematian akibat trauma mencapai 5 juta orang/ tahun pada tahun 1990- an dan akan meningkat mencapai 8 juta orang/tahun pada 2020,” kata Dr dr Wahyuni Dian Purwati, SpEM selaku Head of Emergency Department Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) dalam keterangan tertulis.


Dia menambahkan, lebih dari 30% penyebab kematian karena trauma dan perdarahan. Hal ini disebabkan oleh pertolongan dan penanganan yang kurang tepat dan cepat. Oleh karena itu, penting sekali bagi korban kecelakaan untuk segera dibawa ke rumah sakit yang mempunyai sarana yang memadai.


Pasien trauma memerlukan evaluasi dan manajemen jalan napas, bantuan pernapasan, penanganan kasus perdarahan, dan transportasi yang cepat, sigap dan aman dari lokasi kejadian menuju rumah sakit. SHKJ berkomitmen untuk mengirimkan rapid response ambulance dalam waktu 3 menit setelah telepon diterima.


Rapid Response Mobile Hospital dilengkapi dengan dokter, perawat, obat-obatan, dan peralatan yang menunjang kondisi pasien selama berada di dalam ambulance. Tim medis juga akan terus berkomunikasi dengan pihak rumah sakit selama perjalanan untuk memastikan pelayanan tindakan medis yang sesuai ketika pasien tiba di rumah sakit.


Ambulan SHKJ sudah dipusatkan oleh Siloam Ambulance Center (SAC), sehingga pasien atau keluarga pasien yang membutuhkan layanan ambulan dapat langsung menghubungi 1-500-911 dan SAC akan langsung menghubungi Siloam Hospitals terdekat, sehingga pasien dapat langsung ditangani dengan baik. (bersambung)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/pasien-akan-ditangani-berdasarkan-tiga-kategori/177280

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com