Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Penyelenggaraan Haji 2021, Menag Terus Lakukan Upaya Diplomasi ke Saudi

Senin, 15 Maret 2021 | 11:29 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Pemerintahan Arab Saudi  belum memberi kepastian tentang  penyelenggaraan haji tahun 1442 H/ 2021 ini. Untuk itu Menag terus melakukan upaya diplomasi  dengan berbagai pihak terkait.

“Kami terus melakukan  berbagai upaya diplomasi dengan berbagai otoritas terkait di Arab Saudi,” kata  Yaqut  pada rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI tentang “ Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M  dan  Vaksinasi Jamaah Haji Tahun 1442 H/2021 M  di Gedung DPR RI, Senin (15/3/2021).

Ia menyebutkan, diplomasi ini dilakukan antara lain dengan duta besar  Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, serta lembaga-lembaga terkait lainnya melalui pertemuan tatap muka maupun dalam jaringan (daring).

Menag mengatakan, hal yang telah dilakukan tersebut, sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati demikian, Menag menuturkan,   pelaksanaan haji tahun lalu,  pemerintahan Arab Saudi menyelenggarakan ibadah haji dalam jumlah yang terbatas dan hanya bagi jemaah haji  Arab Saudi.

Sementara untuk tahun ini, lanjut Menag, pihaknya belum mendapat kepastian tentang skema penyelenggaraan haji, yakni dengan skema tahun lalu atau lebih terbuka dengan mempersilakan  jemaah dari negara lain.  “Kita semua tentu berharap situasi  lebih baik dari tahun lalu,” ucapnya.

Meski begitu, Menag mengaku optimistis kemungkinan penyelenggaraan haji tahun ini terbuka. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi di Arab Saudi sebagaimana di Indonesia dalam rangka  menangani pandemi Covid-19. Selain itu, otoritas Arab Saudi juga mengatakan, akan membuka penerbangan internasional  per 17 Mei 2021.

“Situasi ini lebih positif dibanding tahun lalu  kuartal yang sama dengan menutup penerbangan luar negeri  tidak terkecuali selama musim haji di tahun 2020,” ucapnya.

Oleh karena itu, Menag mengatakan, meskipun tipis kemungkinannya, pihaknya akan tetap berusaha  menyiapkan penyelenggaraan haji 2021. “Kami di Kementerian Agama terus melakukan upaya-upaya yang progresif  untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah  Haji 1442 H / 2021M. Kami terus merespons situasi terkini dengan langkah-langkah strategis yang terukur,” ucapnya.

Menag menyebutkan, Indonesia telah siap jika Pemerintahan Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan haji 2021.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN