Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Taman dan hutan kota. Foto ilustrasi: BeritasatuPhoto/Joanito De Saojoao

Taman dan hutan kota. Foto ilustrasi: BeritasatuPhoto/Joanito De Saojoao

Masyarakat Indonesia Paling Optimistis akan Masa Depan Keberlanjutan Bumi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 22:20 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  – Masyarakat Indonesia tercatat sebagai warga dunia paling optimistis soal masa depan keberlanjutan bumi, lebih tinggi dibanding warga dari 23 negara lain dalam survey global Expo 2020.

Survei edisi 2021 ini melibatkan lebih dari 22.000 orang responden di 24 negara, bertujuan untuk mengamati perubahan sentimen masyarakat dunia karena pandemi Covid-19. Survei yang dilakukan melalui kerja sama dengan YouGov ini merupakan kelanjutan dari studi serupa yang dilakukan pada 2019, sebelum pandemi melanda.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa 82% masyarakat Indonesia optimistis tentang masa depan bumi yang berkelanjutan, lebih tinggi dari tingkat optimisme secara global yang hanya 53%.

Ketika ditanya tentang apa hal terpenting yang perlu didorong berdasarkan pengalaman mereka selama satu tahun terakhir, 40% responden Indonesia memilih keterlibatan masyarakat dalam upaya menghadirkan kepastian hukum dan kebijakan untuk lingkungan (environmental justice) sebagai prioritas utama dari 10 pilihan yang tersedia.

Ketika bicara soal perubahan perilaku di masa depan, responden Indonesia juga menempatkan keberlanjutan lingkungan sebagai aspek paling penting, melampaui pilihan lain, seperti peningkatan teknologi ataupun tinggal di luar area perkotaan. Sebanyak 42% responden Indonesia menyatakan mereka akan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, proporsi ini lebih tinggi dari total jawaban responden global yang hanya mencapai sekitar sepertiga populasi responden.

Survei ini juga menunjukkan bahwa 93% responden Indonesia percaya bahwa semua negara di dunia perlu bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai masalah global seperti pandemi. Keyakinan ini juga sejalan dengan mayoritas responden global (86%) yang setuju bahwa dunia perlu berkolaborasi lebih jauh untuk menangani berbagai krisis global yang terjadi saat ini.

Reem Al Hashimy, Menteri Kerjasama Internasional UEA sekaligus Direktur Jenderal Expo 2020 Dubai, mengatakan Expo 2020 mengembangkan studi global ini untuk membantu memahami bagaimana masyarakat dunia meyakini bahwa kita bisa menghadirkan masa depan dunia yang lebih baik, sehingga bisa memfokuskan prioritas dengan lebih baik.

“Secara umum, hasil studi menunjukan bahwa masyarakat dunia memiliki semangat kolektif untuk bekerja sama, memperluas wawasan, dan bertukar gagasan,” ungkapnya dalam keterangan pers, Rabu (25/8).

Sejalan dengan itu, 61% responden Indonesia juga percaya bahwa pertukaran pengetahuan, inovasi global, wawasan dan keahlian sangat penting untuk mengurai berbagai tantangan kemanusiaan saat ini.

Selain itu, separuh responden Indonesia juga percaya pertukaran pengetahuan antarindividu dan komunitas akan membantu manusia membangun masa depan yang lebih baik. Survei ini menggali berbagai pembahasan, seperti kesehatan dan kebugaran, perjalanan berkelanjutan, rantai pasokan makanan yang efisien, serta pemberdayaan masyarakat perkotaan dan pedesaan.

“Semua pembahasan ini akan menjadi fokus dalam program Expo 2020,” tutup Al Hashimy.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN