Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Wiku: Transformasi Digital Sektor Kesehatan untuk Permudah Masyarakat

Kamis, 2 September 2021 | 22:47 WIB
Fatima Bona

JAKARTA, investor.id   - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, transformasi digital sektor kesehatan dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.

“Transformasi digital dilakukan secara bertahap dan  penyesuaian akan dilakukan sesuai dengan  kondisi di lapangan  dan merupakan bentuk  transisi seiring dengan peningkatan kapasitas sistem maupun  literasi digital,” kata Wiku pada konferensi pers virtual tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia” Kamis  (2/9/2021).

Wiku menyebutkan, dalam melakukan transformasi digital, pemerintah selalu mengutamakan keamanan data masyarakat. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan  data yang tersimpan  Kementerian Kesehatan (Kemkes) telah melakukan  penelusuran terkait dengan kebocoran data pengguna pada elektronik e-HAC.

Selain itu, Kemkes juga telah berkoordinasi dan  menindaklanjuti permasalahan tersebut kepada pihak yang berwajib dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Wiku mengatakan,   sesuai  dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan  Covid-19 Nomor 19 Tahun 2021, saat ini telah terbentuk Satgas Protokol Kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Wiku menyebutkan, peran utama dari Satgas Prokes 3M ini  membantu mengurangi laju penularan Covid-19 di fasilitas publik.  Hal ini dilakukan secara persuasif dengan mengajak setiap  masyarakat yang ada  di fasilitas publik  untuk menerapkan  protokol kesehatan.

Adapun prokes dimaksud meliputi; masuk dan keluar fasilitas publik melalui  pintu yang berbeda, mengukur suhu, mengingatkan memakai masker dengan benar, mencuci tangan,  dan memastikan pengunjung menggunakan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN