Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Politeknik Yayasan Nest Bina Karya. (ist)

Ilustrasi Politeknik Yayasan Nest Bina Karya. (ist)

Yayasan Nest Bina Karya Buka Politeknik Kampus Merdeka

Minggu, 19 September 2021 | 18:37 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Yayasan Nest Bina Karya segera membuka politeknik dengan sistem pendidikan masa kini, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang sangat mendukung sistem pembelajaran baru. Untuk menghadapi dunia industri yang berkembang pesat, politeknik ini akan membekali mahasiswa dengan 70% praktik dan 30% teori.

Para tenaga pendidik politeknik ini merupakan tenaga ahli di bidang masing-masing sekaligus praktisi industri. Selain itu, mahasiswa akan dibekali ketrampilan pengusaha, sehingga selain siap bekerja, mempunyai jiwa wirausaha, bahkan mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri.

"Harapan utama saya agar semakin banyak masyarakat dapat melanjutkkan kuliah ke perguruan tinggi dengan biaya yang sangat terjangkau, sehingga semua lulusan SMA/SMK bisa berkuliah. Setelah lulus, mahasiswa dapat berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak untuk mencapai Indonesia emas 2045," ujar Dewan Direksi Politeknik Yayasan Nest Bina Karya Fendy Julianto dalam keterangan resmi, Minggu (19/9/2021).

Program studi politeknik, kata dia, ini sangat dibutuhkan di masa depan, yaitu Pariwisata atau Tourism, Desain atau Design, dan Komputer atau Computer. Sistem perkuliahan dan fasilitas kampus yang akan dibangun memiliki konsep kekinian dan modern, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Fasilitas yang disediakan merupakan unit bisnis yang juga sebagai laboratorium dan tempat praktik mahasiswa, seperti hotel, kafe dan kedai kopi, toko kue, serta tour and travel.

Biaya perkuliahan, kata dia, sangat terjangkau. SPP mulai dari Rp 99 ribu per bulan selama masa promo dan harga normal setelah promo Rp 399 ribu per bulan. Uang pangkal dapat dicicil 20 kali atau 20 bulan dengan biaya uang pangkal Rp 3 juta, sedangkan program studi Seni kuliner Rp 4 juta.

“Para mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, jas almamater, batik NEST Politeknik, seminar dua kali dan kuliah umum empat kali. Untuk informasi lebih lengkap dapat di akses melalui sosial media Instagram, Facebook dan TikTok @politekniknest,” kata dia.

Seperti diketahui, MBKM dibuat untuk menjawab tantangan di era industri yang semakin berkembang, sehingga membutuhkan tenaga ahli. Selain itu, MBKM membuat sistem pendidikan lebih mengutamakan pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman dan berbasis teknologi.

Presiden Joko Widodo juga mendorong perguruan tinggi untuk memfasilitasi pembelajaran dari para praktisi dan para pelaku industri. Kurikulum harus memberikan bobot SKS yang lebih banyak untuk belajar dari para praktisi dan industri, sehingga mahasiswa dapat belajar untuk mempersiapkan diri ketika memasuki dunia kerja.

 

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN