Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Antisipasi Penyebaran Varian Omicron Pemerintah Larang Kedatangan dari 12 Negara

Minggu, 28 November 2021 | 19:43 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah resmi melarang Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing yang memiliki riwayat perjalanan dari 12 negara mulai Senin (29/11). Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran dari virus Covid -19 varian omicron.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kebijakan ini akan segera diberlakukan pada waktu 1x24 jam untuk WNI yang pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari 12 negara tersebut. Pemerintah juga akan meningkatkan waktu karantina bagi WNA dan WNI yang dari luar negeri di luar negara negara di atas menjadi 7 hari dari sebelumnya 3 hari

12 negara tersebut adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lessoto , Mozambique, Angola, Zambia, Malawi, Namibia, Eswatini, Hongkong

“Masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi varian omicron ini pemerintah telah mengambil langkah-langkah pengetatan kedatangan dari luar negeri dan akan meningkatkan aktivitas genome sequencing untuk mendeteksi varian omicron ini,” ucap Luhut dalam konferensi pers secara daring pada Minggu (28/11).

Langkah-langkah pengetatan perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil pemerintah sebagai langkah awal untuk mencegah menghambat varian omicron ini masuk Indonesia.

Luhut menuturkan kebijakan-kebijakan tersebut dapat dievaluasi kembali ketika pemahaman kita terhadap varian omicorn ini bisa lebih baik melalui penelitian yang sedang berjalan saat ini

Kementerian Kesehatan juga akan meningkatkan tindakan genomics sequencing terutama dari kasus positif yang dari riwayat perjalanan ke luar negeri untuk mendeteksi varian omicron ini.

List dari negara-negara tersebut Bisa bertambah atau berkurang berdasarkan evaluasi secara berkala dilakukan oleh pemerintah.Kami memperkirakan dengan kerjasama internasional baik butuh sampai dua minggu ke depan untuk bisa lebih memahami lagi,” kata Luhut.

Pemerintah juga meningkatkan waktu karantina bagi WNA dan WNI yang berasal di luar 12 negara tersebut. Dari yang sebelumnya 3 hari menjadi 7 hari. Pemerintah masih mengkaji efek dari varian omicron ini terhadap vaksin dan antibodi yang terbentuk dari infeksi alamiah.

“Mengingat ada banyaknya mutasi pada area- area yang sektor bindingnya domain muncul kekhawatiran bahwa ketika terjadi mutasi pada varian tersebut muncul kekhawatiran bahwa varian omicron ini dapat mengurangi efektivitas vaksin,” ucapnya

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN