Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wapres Maruf Amin. Sumber: BSTV

Wapres Maruf Amin. Sumber: BSTV

Wapres Minta Media Massa Bantu Sediakan Konten Mendidik

Senin, 7 Februari 2022 | 18:25 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

KENDARI, investor.id   – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta media massa membantu menyediakan konten-konten mendidik di tengah perkembangan teknologi digital di Indonesia.

Ma'ruf mengingatkan sekali lagi, bahwa penggunaan teknologi digital saat ini adalah sebuah keniscayaan. Indonesia harus mampu mengarungi dunia digital ini agar tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain.

“Melek teknologi digital adalah keharusan, termasuk bijak bermedia sosial. Media massa harus membantu menyediakan konten-konten mendidik untuk tujuan tersebut,” kata Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara virtual, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Konvensi Nasional Media Massa, Wapres: Indonesia Harus Berdikari Secara Digital

Wapres menerangkan sebagaimana pemerintah negara-negara lain di dunia, Pemerintah Indonesia memperhatikan dengan seksama perkembangan industri di bidang teknologi dan dampaknya pada kehidupan masyarakat dalam rangka merumuskan kebijakan yang terbaik.

Tidak hanya itu, Pemerintah mengupayakan keseimbangan ekosistem media di tanah air, termasuk kesetaraan di muka hukum (equality before the law). Hal ini sangat penting untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat, serta mewujudkan relasi kuasa (power relation) dan playing field yang seimbang.

Pengesahan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, yang antara lain memuat ketentuan mengenai pajak digital, bukan semata-mata untuk mengeruk pajak yang lebih besar, melainkan untuk memberikan keadilan bagi pelaku usaha dan industri.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Dorong Media Massa Eksplor Metaverse

“Secara khusus saya mengapresiasi inisiatif Dewan Pers, perwakilan asosiasi, perusahan media, dan para jurnalis yang turut memberikan kontribusi pemikiran terkait rancangan regulasi mengenai hak publikasi atau jurnalistik (publisher rights),” ujar Ma'ruf Amin.

Menurutnya, regulasi ini nantinya bukan sekadar untuk melindungi kepentingan pers nasional dalam menghadapi dominasi media baru atau platform digital global. Lebih dari itu, publisher rights adalah unsur penting untuk menjaga ekosistem media agar kemanfaatan ruang digital dapat dinikmati secara berimbang, dan kedaulatan nasional di bidang digital dapat terwujud.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers Indonesia. “Selamat berdiskusi dan semoga konvensi ini dapat membuahkan masukan komprehensif bagi Pemerintah, utamanya dalam membangun kedaulatan nasional di bidang teknologi informasi dan digitalisasi media,” tutur Ma'ruf Amin.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com