Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid -19 kepada siswa SMP di Gebyar Vaksinasi Pelajar Kota Depok (Ge-SIP) di SMPN 25, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021).  Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid -19 kepada siswa SMP di Gebyar Vaksinasi Pelajar Kota Depok (Ge-SIP) di SMPN 25, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021). Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Depok Siapkan 3 Skenario Pandemi Menuju Endemi

Minggu, 13 Maret 2022 | 10:51 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

DEPOK, investor.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan tiga skenario yang akan diterapkan dalam rangka peralihan status kota itu dari pandemi ke endemi Covid-19.

Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangannya menuturkan, langkah pertama, menghadapi peralihan dari pandemi ke endemi adalah vaksinasi yang efektif.

Kedua, mengelola Covid-19 menjadi penyakit musiman. Idris menilai, hal ini sebagaimana diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan Covid-19 layaknya flu biasa.

Baca juga: Menuju Endemi, Kemenkes: Penambahan Pelonggaran Lainnya Masih Tahap Evaluasi

"Masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan penularan virus corona jenis baru itu," paparnya, Minggu (13/3/2022).

Saat ini, lanjutnya, Pemkot Depok sedang menyiapkan peraturan daerah (perda) mengenai protokol kesehatan. Saat ini perda tersebut telah disahkan oleh DPRD Kota Depok dan sedang dilakukan evaluasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dengan perda tersebut nantinya dalam hal tindakan-tindakan, termasuk juga sanksi kepada masyarakat, bisa diterapkan, sedang kami siapkan," ujarnya.

Advertisement

Baca juga: Indonesia Menuju Masa Transisi Endemi, Ini Kata Satgas

Terakhir, atau skenario ketiga, yaitu langkah ketika memasuki situasi terburuk, berupa mitigasi ancaman varian baru Covid-19. Meskipun begitu, dirinya berharap hal tersebut tidak terjadi.

Idris pun menyebut, saat ini terjadi penurunan kasus Covid-19 di Kota Depok. Saat ini atau pekan ini rata-rata kasus baru sekira 300 kasus, dari sebelumnya sempat mencapai 2.000 kasus pada Februari.

"Kata kunci dari pada suksesnya peralihan dari pandemi ke endemi adalah disiplin masyarakat," tambah Idris.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN