Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menhan Prabowo Subianto. Sumber: BSTV

Menhan Prabowo Subianto. Sumber: BSTV

Survei LSI: Prabowo Subianto Capres Elektabilitas Tertinggi di Lampung

Selasa, 15 Maret 2022 | 21:17 WIB
Carlos KY Paath (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) di Lampung. Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan Prabowo Subianto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi, yakni 26,1%. Pada posisi kedua, ada nama Ganjar Pranowo 23,1%, dan Anies Baswedan 16,6 %.

“Hasil survei LSI tersebut menyimpulkan, dari simulasi semi terbuka (banyak nama) dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto paling banyak dipilih, 26,1%, mengungguli nama-nama lainnya,” kata Djayadi dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Prabowo Subianto Terdepak dari 3 Besar Bursa Capres 2024

“Prabowo Subianto masih menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Lampung. Prabowo Subianto dipilih terutama, karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu Prabowo Subianto paling populer di antara calon lainnya. Popularitas Prabowo mencapai 96,9%,” ujar Djayadi.

LSI juga merilis elektabilitas partai politik (parpol) yang menjadi pilihan masyarakat Lampung apabila pemilu legislatif (pileg) digelar saat survei. Pada simulasi semi terbuka 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lain, di Lampung, Partai Gerindra untuk sementara menduduki posisi kedua, setelah PDI Perjuangan.

Baca juga: Sekjen Gerindra Sampaikan Terima Kasih Prabowo Subianto kepada Masyarakat Madura

“Di Provinsi Lampung, pada simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, PDIP memperoleh 36,6%, disusul Gerindra 12,1% di urutan kedua. Selanjutnya adalah Golkar 10 %, Demokrat 7,5 %, PKB 5,9 %, PKS 5,1 %, dan Nasdem 4,4 %, partai lain lebih rendah, dan belum menjawab 13,1 %. Hasil ini menunjukkan terjadi pergeseran peringkat elektabilitas di mana pada Pileg 2019, Golkar menjadi partai terbesar kedua di Lampung,” ujar Djayadi.

Survei dilakukan pada periode 16-22 Februari 2022 dengan metode multistage random sampling. Responden yang diwawancarai tatap muka sebanyak 820 dengan margin of error sebesar plus minus 3,5 % pada tingkat kepercayaan 95 %.

Menurut Djayadi, tingkat kesukaan dan keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut. Misalnya, Gerindra tampaknya masih banyak dipengaruhi oleh ketokohan figur pendiri sekaligus ketua umumnya, yakni Prabowo Subianto.

Baca juga: Ini Pesan Prabowo Subianto di HUT Gerindra ke-14

“Yang juga berpengaruh adalah ketokohan di tingkat provinsi Lampung seperti Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani yang juga adalah anggota DPR dari Dapil Lampung I,” kata Djayadi.

Temuan menarik lainnya dari survei yang dirilis LSI, yaitu tentang persepsi terhadap partai dan tingkat kesukaan terhadap partai di kalangan masyarakat Lampung. Tingkat kesukaan PDIP bersaing ketat dengan Gerindra. Dalam skala atau skor kesukaan 0-10, di mana makin mendekati angka 10 berarti makin tinggi kesukaannya, skor untuk Gerindra adalah 6,269 bersaing dengan PDIP dengan skor 6,420.

“Ini berarti PDIP dan Gerindra adalah dua partai paling disukai masyarakat di Lampung,” ucap Djayadi.

Baca juga: KLB Tetapkan Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra 2020-2025

Selain itu, LSI juga mengukur persepsi apakah partai menggambarkan masa lalu atau masa depan. Dalam skala nol hingga sepuluh, di mana makin mendekati 10 berarti makin menggambarkan masa depan partai. Skor partai-partai adalah 6,132 untuk Gerindra, diikuti oleh Nasdem (5,991), PDIP (5,860), kemudian partai-partai lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa, Gerindra dalam penilaian para pemilih adalah partai yang paling menggambarkan masa depan dibanding partai-partai lainnya. Persepsi dan kedisukaan ini juga memberikan pengaruh kepada peta elektoral partai-partai baik di tingkat DPR RI maupun di tingkat DPRD provinsi Lampung,” kata Djayadi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com