Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

4 Menteri Nyapres, Dukungan Jokowi Disebut Ikut Menentukan Kemenangan

Sabtu, 16 April 2022 | 10:37 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai dukungan Presiden Joko Widodo bakal menjadi penentu kemenangan dari 4 menteri kabinet yang berniat maju Pilpres 2024. Menurut Ujang, pengaruh Presiden Jokowi masih sangat kuat untuk menentukan kemenangan Pilpres 2024.

“Dukungan Jokowi sebagai presiden akan berpengaruh karena Jokowi masih punya telunjuk yang bisa mengkondisikan banyak pihak, punya sumber daya politik dan finansial untuk bisa menangkan calon tertentu,” ujar Ujang saat dihubungi, Jumat (15/4/2022).

Hanya saja, kata Ujang, arah dukungan Jokowi belum terlihat, apakah diberikan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Menteri BUMN Erick Thohir atau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menurut dia, terbuka kemungkinan Jokowi bermain di antara keempat menteri tersebut.

“Soal siapa yang paling berpeluang didukung Jokowi, masih belum kelihatan. Bisa saja Jokowi main di keempatnya,” tandas dia.

Menurut Ujang, peluang keempat menteri tersebut masih sama. Pasalnya, masih belum kelihatan berpasangan dengan siapa dan partai koalisinya mana saja. Apalagi, kata dia, elektabilitas mereka juga belum ada yang sampai angka 60 persen.

“Jadi masih jauh perjuangan mereka berempat. Plus-nya mereka menteri, punya kekuasaan, uang, dan jaringan. Minusnya, elektabilitas mereka masih diangka 30 persen-an. Jadi masih masyarakat masih belum mendukung full mereka,” jelas dia.

Dia menilai, menteri yang sedikit diuntungkan adalah Prabowo dan Airlangga yang sudah jelas dukungan partainya. Namun, kata dia, keduanya harus mencari partai koalisi untuk memenuhi syarat pencalonan presiden dan wakil presiden. Sementara Sandiaga dan Erich Thohir harus bekerja keras untuk mendapat dukungan partai.

“Yang terpenting sekarang naikkan elektabilitas dengan cara bekerja serius untuk rakyat. Rakyat yang sedang susah perlu dibantu dengan bantuan yang riil, bukan janji apalagi hanya pencitraan,” pungkas Ujang. (YUS)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com