Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para delegasi Pra KTT Y20 di Balikpapan menggelar kegiatan susur sungai mangarove di kawasasn tersebut. Sejumlah peserta menyatakan kegagumannya atas hutan mangarove di kawasan tersebut, Minggu (22/5/2022)

Para delegasi Pra KTT Y20 di Balikpapan menggelar kegiatan susur sungai mangarove di kawasasn tersebut. Sejumlah peserta menyatakan kegagumannya atas hutan mangarove di kawasan tersebut, Minggu (22/5/2022)

Para Delegasi KTT Y20 Antusias Menyusuri Sungai Hutan Mangrove

Minggu, 22 Mei 2022 | 21:27 WIB
Fuad Iqbal Abdullah (redaksi@investor.id)

BALIKPAPAN, Investor.id - Para delegasi KTT Y20 antusias menyusuri sungai hutan mangrove di kawasan hutan mangrove Graha Indah Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu siang (22/05). Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian dari kegiatan para delegasi di hari kedua.

Saat menyusuri sungai hutan mangrove ini, para delegasi mengutarakan ketakjubannya terhadap kawanan Kera Bekantan atau Kera HIdung Panjang yang habitatnya sudah nyaris terancam punah.

Baca juga: Aksi Nyata Selamatkan Lingkungan, Delegasi KTT Y20 Gelar Penanaman Bibit Mangrove

Delegasi asal Korea Selatan Daniel Yoon mengatakan aktivitas menyusuri sungai hutan mangrove ini merupakan pengalaman baru dan yang pertama kalinya dirasakan. Pemandangan alam hutan mangrove yang masih terjaga bersama dengan beragam ekosistemnya, menurutnya, harus terus dilestarikan demi kepentingan dunia dan masa depan.

"Menurut saya menyusuri sungai hutan mangrove ini merupakan pengalaman yang seru dan menyenangkan, karena saya belum pernah merasakan pengalaman yang seperti ini, dan selama berada sungai hutan mangrove ini, saya terkejut karena ternyata masih ada hutan mangrove yang masih asli dan terjaga seperti ini" kata Daniel Yoon, Salah satu delegasi asal Korea Selatan usai melakukan susur sungai di dermaga hutan mangrove Graha Indah Balikpapan.

Daniel Yoon mengatakan pelestarian hutan mangrove merupakan salah satu langkah penting dan konkret bagi umat manusia, karena pohon-pohon mangrove ini bisa membantu mengembalikan kemurnian udara, bukan hanya bagi indonesia, tetapi juga bagi seluruh umat manusia.

Baca juga: Y20 Ajak Anak Muda Wujudkan Planet Berkelanjutan dan Layak Huni

"Setelah melihat langsung kondisi kawasan hutan mangrove ini, menurut saya kita harus segera mengambil berbagai tindakan yang diperlukan untuk mengembalikan kondisi lingkungan, salah satunya seperti kawasan hutan mangrove di Kota Balikpapan ini, yang perlu untuk dijaga, dan jangan sampai dibiarkan rusak oleh ulah tangan manusia" katanya.

Selain itu, Daniel Yoon mengatakan, hutan mangrove ini bisa memiliki nilai ekonomi jika dikembangkan dan diawasi lebih serius oleh pemerintah dengan melibatkan masyarakat sekitar.

"Saat berada di tengah hutan mangrove ini, saya benar-benar merasakan kondisi lingkungan yang sangat nyaman, dan saya ingin berbagi pengalaman saya ini kepada teman-teman di negara saya (Korea Selatan, red) dan menurut saya kawasan hutan mangrove ini bisa memiliki nilai ekonomi dalam hal pengembangan pariwisata di Kalimantan" tutupnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN