Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo melepas konvoi pembalap peserta MotoGP Mandalika dari Istana, Rabu (16/3/2022). Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo melepas konvoi pembalap peserta MotoGP Mandalika dari Istana, Rabu (16/3/2022). Sumber: BSTV

Ini Jawaban Jokowi Saat Ditanya Soal Reshuffle Kabinet 15 Juni

Sabtu, 4 Juni 2022 | 18:25 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA,  investor.id – Seperti biasa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu berkelit atau enggan memberikan informasi mengenai reshuffle atau perombakan menteri. Sebab hanya Jokowi saja yang mengetahui kapan reshuffle kabinet akan dilakukan.

Hal itu juga terjadi, ketika awak media menanyakan kepada Jokowi terkait isu reshuffle yang akan dilakukan pada Rabu Pahing, 15 Juni 2022 seusai menonton Formula E di Jakarta International E-Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Jokowi enggan membocorkannya. Ia malah meminta awak media untuk membicarakan soal balapan mobil listrik saja daripada menanyakan isu reshuffle. “Balapan sampai reshuffle. Balapan saja lah,” kata Jokowi.

Tak putus asa, awak media pun terus mengejar kepastian reshuffle pada 15 Juni mendatang, Jokowi tidak menanggapinya sama sekali. “Balapan baru selesai,” ujar Jokowi singkat.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno buka suara menanggapi kabar perombakan kabinet alias reshuffle pada 15 Juni 2022 mendatang. Pratikno tidak membantah atau membenarkan saat ditanya mengenai isu reshuffle pada 15 Juni.

"15 Juni? Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, kita bocorin dikit-dikit," kata Pratikno dalam sebuah video diterima, seperti dikutip Jumat (3/6/2022).

Saat disinggung mengenai sejumlah nama menteri yang akan diganti, Pratikno menegaskan saat ini seluruh menteri dalam Kabinet Indonesia Maju sedang fokus bekerja menyelesaikan banyak permasalahan dengan cepat.

"Kita fokus banyak sekali permasalahan yang harus ditanggapi secara cepat, ekonomi global sangat dinamis, kita harus responsif, pandemi juga kita harus sangat antisipatif. Jadi kita fokus kerja," tegas Pratikno.

Presiden Jokowi sendiri sudah memberikan sinyal akan melakukan reshuffle kabinet saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia pada Jumat (25/3/2022).

Ia geram melihat kementerian, lembaga pemerintahan, BUMN dan pemerintah daerah yang belanja barang-barang impor, tidak barang produk dalam negeri. Padahal, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat bangga menggunakan barang buatan Indonesia.

Dalam acara tersebut, Jokowi menyoroti kementerian yang masih banyak belanja barang impor, diantaranya Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Pertanian.

Jokowi mengancam akan melakukan perombakan atau reshuffle menteri dan Direktur Utama (Dirut) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kalau dalam belanja barang tidak membeli produk dalam negeri atau buatan Indonesia.

"BUMN, saya sampaikan ke menteri BUMN, dah ganti dirutnya, ganti, ngapain kita? Kementerian, sama saja tapi itu bagian saya itu. Reshuffle," kata Jokowi saat itu.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com