Menu
Sign in
@ Contact
Search
Puteri Anetta Komarudin, menyoroti rendahnya keterwakilan pemuda di parlemen. Bukan hanya menjadi fenomena di Indonesia, tetapi menjadi fenomena dunia sebagaimana dikatakan Ketua DPR Puan Maharani.

Puteri Anetta Komarudin, menyoroti rendahnya keterwakilan pemuda di parlemen. Bukan hanya menjadi fenomena di Indonesia, tetapi menjadi fenomena dunia sebagaimana dikatakan Ketua DPR Puan Maharani.

Y-20 Summit, Putri Komarudin Soroti Rendahnya Keterwakilan Pemuda di Parlemen

Selasa, 19 Juli 2022 | 09:43 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Salah satu anggota DPR RI termuda, Puteri Anetta Komarudin, menyoroti rendahnya keterwakilan pemuda di parlemen. Bukan hanya menjadi fenomena di Indonesia, tetapi menjadi fenomena dunia sebagaimana dikatakan Ketua DPR Puan Maharani.

"Saya ingat Ibu Puan Maharani mengingatkan bahwa keterwakilan pemuda di dunia (dalam parlemen) baru 2,6 persen (dari total jumlah pemuda di dunia)," ujar Putri saat memberikan sambutan di acara opening ceremony Y-20 Summit di Gedung Nusantara V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Y-20 Summit, Ketua DPR Ajak Kaum Muda Terjun ke Politik

Di Indonesia, kata Putri, justru keterwakilan pemuda di parlemen mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Pada periode 2019-2024, hanya terdapat 72 anggota DPR atau 12,5 persen dari total anggota DPR (575 orang) yang masuk anggota DPR muda. Sementara periode 2014-2019, terdapat 92 anggota DPR muda atau 16 persen.

"Mempertimbangkan 25% populasi Indonesia adalah pemuda, maka tidak diragukan lagi kalau keterwakilan pemuda di parlemen harus kita tingkatkan," terang Putri.

Apalagi, kata Putri, pemuda Indonesia bagian dari pemuda yang paling aktif terkait gerakan untuk mempengaruhi berbagai isu, pengambilan kebijakan, dan peraturan perundang-undangan. Selain itu, tutur dia, pemuda Indonesia juga sering melakukan demonstrasi secara damai dan bertemu MPR dan DPR untuk menyampaikan aspirasi mereka yang seringkali sulit untuk dilakukan.

"Karena itulah Kaukus Pemuda DPR mencoba mengatasi kesenjangan tersebut untuk menyediakan kanal komunikasi antara pemuda dan perwakilan DPR muda mereka," tandas Putri.

Selain gerakan Kaukus Pemuda DPR, lanjut Putri, pihaknya juga telah meluncurkan program parlemen muda dan program magang parlemen. Hal ini untuk mendorong partisipasi dan keterlibatan pemuda di parlemen karena pemuda merupakan calon-calon pemimpin masa depan.

"Dengan magang parlemen, kita menyediakan kesempatan bagi para pelajar untuk memahami peran dari parlemen dan juga untuk menginspirasi mereka mengambil karir di bidang ini," jelas dia.

Baca juga: Ketua DPR Puan Maharani Dukung Pemuda Y-20 Majukan Dunia

Bahkan, kata Putri, salah bukti nyata dukung anggota DPR muda adalah gedung parlemen dijadikan tempat pembukaan Y-20 Summit 2022.

"Salah satu bukti yang bisa kita sampaikan dukungan kita kepada pemuda adalah kita membuka gedung parlemen kita menjadi tempat acara pembukaan puncak Y-20 Summit 2022," ungkap Putri.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com