Menu
Sign in
@ Contact
Search
Co Chair Y-20 Indonesia Michael Victor Sianipar saat memberikan sambutan di acara opening ceremony Y-20 Summit di Gedung Nusantara V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 Juli 2022. (Foto: BeritasatuPhoto/Yustinus Paat)

Co Chair Y-20 Indonesia Michael Victor Sianipar saat memberikan sambutan di acara opening ceremony Y-20 Summit di Gedung Nusantara V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 Juli 2022. (Foto: BeritasatuPhoto/Yustinus Paat)

Y20 Summit: BUMN Ambil Peran Kembangkan Generasi Muda

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:08 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Kementerian BUMN mengambil peran dalam mengembangkan kualitas pemuda Indonesia, salah satunya dengan memfasilitasi dan menyediakan pendidikan bagi generasi-generasi muda.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menilai, milenial dan Gen Z sangat berperan mewujudkan target Indonesia menjadi negara maju dan berpenghasilan tinggi pada 2045. Sebagai pasar yang sedang berkembang, Indonesia juga diharapkan dapat menduduki posisi empat besar ekonomi dunia dalam 23 tahun ke depan.

Harapan pada generasi muda ini dilatarbelakangi jumlah milenial dan Gen Z yang menjadi segmentasi umur terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 145 juta jiwa atau sekitar 52% dari total populasi. Pahala menilai, pendidikan generasi muda menjadi faktor kunci dalam mencapai target Indonesia pada 2045.

“Dalam dua tahun terakhir, kami memfokuskan kembali program CSR kami pada pendidikan, pemberdayaan UKM, dan lingkungan. Ini dilakukan untuk membuat dampak yang berkelanjutan di masa depan. Fokus kita pada pendidikan bertujuan mengembangkan para generasi muda yang kurang mampu untuk dapat mengakses pendidikan yang setara sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja yang terampil,” ujar Pahala saat menjadi pembicara dalam diskusi Youth Employment Y20 Summit Indonesia 2022.

Baca juga: Di Y20, Maudy Ayunda Bicara Karakteristik yang Perlu Dimiliki Anak Muda

Pahala bersama Menteri Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda Singapura Alvin Tan; Direktur Jenderal ILO, Guy Ryder; dan Co-Chairs T20 Taskforce Inequality, Human Capital, and Well Being, Vivi Alatas berpartisipasi dalam Talkshow bertema ‘Making Youth Employment Work: Empowering Youth to Thrive in a Post-pandemic World’.

Dalam acara tersebut, Pahala juga mengatakan bahwa BUMN berperan besar dalam mengembangkan generasi-generasi muda di Indonesia. Pasalnya, generasi muda diharuskan memiliki banyak kemampuan agar adaptif dan tangguh untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

Guna menciptakan generasi muda yang berbakat dan siap bersaing secara global, BUMN telah membuat beberapa program. Di antaranya Program Magang Bersertifikat, Program Magang Global Indonesia, dan Rekrutmen BUMN. BUMN juga mengelola universitas dengan berbagai macam program studi kejuruan, mencakup teknologi informasi, teknik mesin, manajemen bisnis, hingga agrikultur.

Pahala menambahkan, Kementerian BUMN memiliki banyak peluang magang bagi pelajar untuk mendapatkan pengalaman kerja dan meningkatkan kemampuan sesuai kebutuhan industri saat ini. Salah satunya, Kementerian BUMN menyiapkan SDM untuk mendukung pengembangan ekosistem industri baterai. Ada lebih dari 25 ribu siswa yang telah tersertifikasi melalui program ini sejak 2019.

“Kami juga mengundang para siswa kami untuk belajar ke luar negeri untuk dilibatkan dalam inisiasi R&D BUMN di 44 proyek dan riset strategis tentang bioinformatika, pengembangan vaksin, energi terbarukan, pertambangan, dekarbonisasi, blockchain, artificial intelligence, smart city, hipotek, dan banyak hal lagi,” papar dia.

Baca juga: Y20 Rekomendasikan Sejumlah Kebijakan kepada Presiden Jokowi

Pahala menjelaskan, dunia pendidikan saat ini seharusnya lebih fokus pada program studi yang masih relevan dengan pekerjaan yang dapat bertahan di masa depan. Dalam era ekonomi digital, pekerjaan-pekerjaan yang masih dibutuhkan berkaitan dengan information technologyt (IT), bisnis dan pemasaran digital, serta pelayanan medis dan kesehatan. Industri-industri lain yang tidak akan punah, seperti makanan, juga harus didukung dengan teknologi yang mutakhir khususnya dalam bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan.

Hal itulah yang menjadi fokus utama yang diajarkan di universitas-universitas milik BUMN. Selain menyediakan teori dan kerja praktik, universitas tersebut juga mengombinasikan pelajaran tradisional dengan teknologi.

“Karena target kita adalah untuk mempersiapkan talenta-talenta digital yang mencapai 60% pada 2024 di BUMN. Jadi, kami berharap bahwa para talenta muda ini bisa menjadi penerus dengan skill yang mumpuni di era digitalisasi,” tandasnya.

Selain pendidikan, BUMN juga menciptakan peluang-peluang kerja bagi para generasi muda. BUMN memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk mengembangkan karir dan mengabdi kepada negara melalui BUMN. Sejak 2019 hingga sekarang, tercatat sebanyak 15.949 generasi muda berbakat telah bergabung bersama BUMN.

Baca juga: Soal Kegiatan Y20, Anies Baswedan Sebut Pemuda sebagai Pemilik Masa Depan

Kementerian BUMN juga mendukung penuh pengembangan dalam ekosistem start-up. BUMN telah membangun ekosistem yang komprehensif, mulai dari benih-benih start-up hingga fase unicorn. Bahkan BUMN telah memiliki empat perusahaan modal ventura, seperti Mandiri Capital, BRI Ventures, MDI Ventures, dan TMI Ventures dengan fokus bisnis masing-masing.

BUMN juga telah merilis Merah Putih Fund yang akan mendukung perusahaan-perusahaan start-up yang segera menjadi unicorn melalui investasi dan mentoring.

“Sebagai gerbang pembuka bagi para start-up di Indonesia untuk bergabung di ekosistem BUMN, kami akan menggelar BUMN Start-up Day yang akan berlangsung pada September 2022. Kami akan fokuskan pada business matching dan upscaling efforts,” pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com