Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

Di Y20, Menteri Sandiaga Sampaikan Peran Penting Anak Muda dalam Perekonomian

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:11 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai, generasi muda dapat berperan penting dalam menginisiasi kerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan perekonomian yang inklusif dan membangun UMKM yang tangguh.

“Ini adalah tugas utama kita bersama dengan Y20 untuk menekankan pentingnya hak cipta sebagai cara kita memastikan, misalnya adanya akses pada pendanaan dan membangun program yang bisa mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif dan pariwisata,” kata Sandiaga saat menjadi pembicara di Youth 20 (Y20), Selasa (19/7/2022).

Karena itu, ia mengapresiasi Y20 yang saat ini berupaya menyelesaikan dampak digitalisasi dan inovasi serta praktik bisnis yang berkelanjutan termasuk wirausaha sosial. Ia pun tak segan mengajak generasi muda untuk bisa menciptakan lapangan tenaga kerja melalui adaptasi, kolaborasi, dan inovasi.

Baca juga: Y20 Summit: BUMN Ambil Peran Kembangkan Generasi Muda

Sebab bagaimanapun, teknologi telah mengambil peran penting dalam pemberdayaan masyarakat sehingga perlu adanya pengakuan terhadap kreativitas hak cipta apalagi yang berkaitan dengan kewirausahaan.

“Kita memahami, Indonesia saat ini sedang membangun kompetensi sumber daya manusia yang lebih tangguh khususnya bagi para Milenial dan Gen Z bersama negara anggota G20 yang lain. Kami di Kemenparekraf sangat senang untuk melaporkan dari 3.000 angkatan kerja 45% di antaranya Milenial dan Gen Z,” ungkapnya.

Tahun ini, lanjut Sandiaga, Indonesia tengah bergerak menuju penciptaan sebanyak 1,5 juta kesempatan kerja dan 4,5 juta lapangan kerja baru sampai tahun 2024. Target tersebut menjadi strategis karena pandemi telah menyebabkan mata pencaharian hilang dan pengusaha kehilangan pendapatan.

“Karena itu, kita perlu memulihkan ekonomi dan kita memusatkan kepada generasi muda untuk bisa memberikan masukan kepada pengambil kebijakan terkait bagaimana kita bisa membangun dengan lebih baik dan kuat serta yang lebih penting lagi memulihkan perekonomian dengan lebih baik,” ujar Sandiaga.

Baca juga: Di Y20, Maudy Ayunda Bicara Karakteristik yang Perlu Dimiliki Anak Muda

Ia mengajak kepada semua pihak untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan terus memperkuat sektor UMKM, kaum perempuan, dan pemuda terutama di sektor-sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Apalagi, Indonesia juga sudah mematok target untuk mencapai net zero emission pada 2060 dengan mengadopsi Resolusi Glasgow 2021, di mana pada 2035 Indonesia ingin menurunkan jejak karbon di sektor ekonomi kreatif sebesar 4%.

“Kita mencoba untuk mencapai target net zero emission pada 2035 sampai 2060. Jadi, kami menunggu masukan dan solusi dari rekan-rekan Y20,” tutup Sandiaga.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com