Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pameran AKI 2022 di Pekanbaru, Riau.

Pameran AKI 2022 di Pekanbaru, Riau.

Berakhir di Pekanbaru, Sandiaga Sebut AKI 2022 Libatkan 6.500 UMKM

Jumat, 23 September 2022 | 12:12 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Pekanbaru, investor.id - Pekanbaru menjadi kota terakhir penyelenggaraan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku terharu bisa hadir di kota kelahirannya.

“Kita menutup rangkaian roadshow AKI 2022 yang telah berlangsung di 16 kabupaten/kota yang dilakukan untuk mendukung aktivitas pelaku ekonomi kreatif lokal. Produk-produk yang menjadi finalis AKI sudah terkurasi dan akan kita bawa ke tingkat lebih tinggi sebagai upaya menciptakan 1,1 juta lapangan kerja yang berkualitas. Saat ini sudah ada 30 juta pelaku UMKM yang masuk ekosistem ekonomi digital Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” ujar ujar Sandiaga saat menghadiri pameran 27 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Mal Ciputra Seraya,Pekanbaru.

Menparekraf menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam AKI, khususnya UMKM. “Saya ucapkan terima kasih kepada peserta dari 6500 UMKM yang terlibat di tiap kota/kabupaten ada 27 finalis AKI.  Mereka adalah pahlawan ekonomi yang akan membawa Indonesia Emas pada 2045,” tuturnya.

Perlu diketahui, sebelum di Pekanbaru, AKI 2022 telah dilaksanakan di 15 kota sebelumnya, yakni Tasik – Cirebon – Yogyakarta – Tegal – Banjarmasin – Padang – Tangerang – Cilegon – Pontianak - Banda Aceh – Jember – Kendari - Sidoarjo – Jambi dan Ambon. 

Pada pelaksanaan AKI Pekanbaru Menparekraf melakukan bincang-bincang bersama sosok inspiratif di bidangnya, di antaranya Rachmat Anggara selaku Co Founder Aplikasi QASIR, dan Fabio Asher, penyanyi.

Rachmat Anggara mengatakan selama mengikuti kegiatan AKI sejak awal, terlihat ada kebangkitan ekonomi pasca pandemi. “Saya mengikuti AKI dari awal. Saya lihat AKI membantu ekonomi bisa lebih baik lagi. Saat ini sudah ada 1300 UMKM memakai mesin QASIR untuk kelola keuangan dengan baik, yang penting untuk membangun usaha,” ujar pria yang biasa disapa Angga.

Dia menambahkan, QASIR memiliki visi membuat usaha UMKM agar bisa sebagai CUAN. “CUAN itu singkatan. C itu Canggih, saat ini QASIR sudah digunakan 1,2 juta pedagang di 514 kota. Untung, di QASIR sudah ada 12.000 saha mikro yang naik kelas ke kecil. Akuntabel, QASIR membantu 30.000 pedagang dengan transaksi digital senilai Rp1,9 miliar per bulan. N berarti Nasionalis, harapan nya UMKM bisa menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia,” papar Angga yang juga terlibat dalam kurasi peserta AKI.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan pandangannya selama menjadi pengusaha dia menyaksikan pebisnis sukses menciptakan produk. Namun seiring waktu, mereka mengalami kesulitan keuangan, justru saat order berlimpah. “Kok duit bisa habis padahal modal tinggi. Ternyata masalahnya sulit mengatur keuangan sehingga arus kas tidak terjaga, menumpuk utang. Akhirnya usaha tidak bisa solid dan harus tutup. Kuncinya adalah kelola keuangan dengan baik, maka potensi untuk menciptakan CUAN menjadi lebih besar,” papar Menparekraf yang juga Super Mentor AKI.

Angga sepakat dan menambahkan agar mencapai sukses, pelaku bisnis per menerapkan 3M, yakni Momentum (Cari dan ciptakan momentum dalam usaha), Modal (punya modal kuat maka usaha bisa bertahan dan berkembang), dan Market (pastikan memiliki pasar/market). “Banyak pengusaha bikin produk yang bagus tapi market gak ada. Usahanya gak bisa jalan,” terangnya.

Kesempatan sama Fabio Asher, penyanyi yang dikenal berkat single Bertahan Terluka dan Rumah Singgah itu mengaku saat tampil berkeliling Indonesia dan mancanegara, dia berupaya mengenalkan budaya lokal. “Setiap kota yang menyelenggarakan festival musik sebaiknya juga memperkenalkan musik dari daerah masing-masing. Bukan hanya lagu tapi juga bisa tarian daerah untuk mengenalkan ke generasi muda,” sarannya.

Tak lupa, Fabio mempromosikan pariwisata Indonesia saat tampil di mancanegara. “Yang paling disyukuri sambutan masyarakat termasuk mancanegara sangat baik, misalnya Malaysia sampai Korea baik. Bahkan nanti lagu Rumah Singgah akan ada versi Koreanya, akan duet dengan penyanyi sana,” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga Menparekraf memberikan dukungan nyata kepada salah satu peserta AKI – Wan Elfi Aryanti selaku pendiri AtanAro. Wan Elfi mendedikasikan keuntungan penjualan di bidang fashion untuk membangun dan membiayai sekolah untuk anak-anak disabilitas (Sekolah Alam Lentera Pekanbaru). 

Tiga anak dari sekolah ini memberikan persembahan karya yang mereka buat sendiri untuk Sandiaga Uno, berupa puisi, pantun dan gambar. Sandiaga Uno memberikan laptop sebagai bukti nyata dukungan untuk Sekolah Alam Lentera Pekanbaru yang dua kali kemalingan.

Menparekraf mengajak semua pihak bergandengan tangan dalam melewati masa sulit seperti sekarang. “Tantangan ekonomi sangat berat, dengan kenaikan BBM UMKM terpukul padahal baru saja melewati pandemi. Untuk itu pemerintah hadir dengan bantuan pelatihan dan permodalan. Itu sudah dilakukan dan diharapkan dapat membantu mereka melalui masa masa sulit,” tuturnya. 

Sandiaga mengatakan, pada 2023 diprediksi dunia mengalami resesi. “Diharapkan kita bisa menyikapi hal ini. Ekonomi Indonesia diharapkan bisa bertumbuh karena UMKM diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja dan peningkatan taraf hidup masyarakat bisa diwujudkan,” ujar mantan Ketua HIPMI.

Pameran AKI 2022 Pekanbaru yang dilaksanakan Mal Ciputra Seraya diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendapatan akan meningkat dan UMKM Kreatif naik kelas.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : -

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com