Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kondisi akibat gempa magnitudo 6,2 guncang Sulbar. Sumber: BSTV

Kondisi akibat gempa magnitudo 6,2 guncang Sulbar. Sumber: BSTV

BRI Beri Bantuan Tanggap Darurat Bagi Korban Gempa Sulbar

Sabtu, 16 Januari 2021 | 16:43 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

Jakarta  – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bergerak cepat menyalurkan bantuan awal tanggap darurat bagi para korban gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter yang mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) dini hari telah mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah warga hancur. 

Belum diketahui pasti berapa banyak korban dari musibah bencana alam ini, tetapi banyak warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Terbatasnya akses transportasi dan banyaknya orang yang mengungsi mengetuk empati perseroan untuk turun membantu para korban. 

Bantuan diberikan langsung oleh insan BRI (karyawan BRI) yang turun ke lapangan dengan membagikan ribuan makanan siap saji (nasi kotak/bungkus) untuk para korban. Selain itu BRI juga memberikan bantuan tanggap darurat untuk kebutuhan utama yang paling dibutuhkan di waktu-waktu awal bencana.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dalam keterangan tertulis mengungkapkan, ribuan paket makanan siap saji ini merupakan bantuan tahap awal, khususnya pada beberapa hari pertama bencana, dimana kebutuhan makanan siap saji sangat dibutuhkan warga pada masa-masa ini. 

“Makanan siap saji sangat dibutuhkan karena masih belum banyak dapur umum, fasilitas darurat belum banyak tersedia, dan banyak aliran listrik yang masih padam. Dalam penyalurannya, kami melibatkan insan BRI untuk terjun langsung memberikan bantuan kepada warga terdampak dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan para korban,” ujar Catur, Sabtu (16/1). 

BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia selalu tanggap dan berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan ketulusan BRI kepada masyarakat dan negeri untuk dapat segera pulih serta bangkit dari masa-masa sulit. 

Catur menambahkan, BRI bergerak cepat dalam menyalurkan bantuan awal tanggap darurat. Selain ribuan makanan siap saji, bantuan tanggap darurat lain yang disalurkan antara lain air mineral, makanan ringan, beras, sabun, tenda, selimut, obat-obatan dan keperluan lainnya yang dibutuhkan oleh korban gempa bumi. Total bantuan tanggap darurat yang diberikan BRI kepada korban gempa ini telah mencapai Rp 300 juta. Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Kantor Cabang BRI Majene dan Kantor Cabang BRI Mamuju.

Penyaluran bantuan ini merupakan wujud komitmen BRI dalam mengusung semangat BUMN untuk Indonesia melalui kepedulian dan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) BRI kepada masyarakat, khususnya para korban yang terdampak bencana. 

“Kami turut prihatin atas gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat. Untuk itu BRI akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada korban bencana. Ini sebagai upaya kami meringankan beban warga karena musibah ini,” pungkas Catur.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN